P. Raya

Berita/Konten Berpotensi Dan Berbobot Dalam Penulisan

PALANGKA RAYA - Bimbingan Teknis Penulisan Berita dan Pengelolaan Konten Media Sosial Pemerintah. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng, dilaksanakan di Aula Kanderang Tingang Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Senin (28/8/2023).

Suhaemi Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng  membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis penulisan berita.

Dalam sambutannya Suhaemi mengatakan  website resmi instansi menjadi kawah candradimuka sebuah pemerintahan. Pemanfaatan website resmi sebagai media online oleh Instansi Pemerintah akan memberikan dampak kemajuan yang besar.

Bukan saja potensi daerah yang bisa dipublikasikan secara luas namun juga berbagai prestasi lainnya. Pada posisi ini, Instansi Pemerintah dapat meningkatkan publikasi dan perluasan jangkauan pembaca dengan menggunakan media yang lebih akrab dengan masyarakat yakni portal pemberitaan. Kelebihan portal informasi terletak pada update berita detik per detik dengan tanpa mengabaikan aspek akurasi, ucap Suhaemi."

Lebih lanjut disampaikan, saat ini penggunaan media sosial di masyarakat yang terus berkembang, semakin banyak dimanfaatkan berbagai pihak termasuk instansi pemerintahan. Penggunaan dan penyebaran informasi yang mudah lewat media sosial seperti foto, video, perekaman suara, dan lain-lain membuat banyak penggunanya betah menghabiskan banyak waktu untuk menikmati dan membuat banyak konten,” Jelasnya.

Disampaikan bahwa Diskominfosantik Provinsi Kalteng sesuai dengan tupoksinya dalam mendiseminasikan informasi hadir dengan portal berita Multimedia Center Kalimantan Tengah atau yang lebih akrab disebut MMCKalteng (https://mmc.kalteng.go.id) resmi lahir pada tanggal 10 september 2017 dan beberapa kanal informasi lainya seperti media sosial instagram, twitter @diskominfosantikkalteng menjadi corong dalam publikasi progam kegiatan pemerintah daerah. 

Multimedia Center Kalteng merupakan media terluas dan tercepat dalam melakukan publikasi dan dokumentasi kegiatan pemerintahan, terutama program kegiatan Pemerintah Provinsi Kalteng yang memiliki Standar Operational Procedure (SOP), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan struktur redaksi yang lengkap.

“Dengan pranata humas dan jurnalis yang ditugaskan di pos liputan masing-masing seperti ekonomi, UMKM, legislatif, pembangunan dan infrastruktur, kesra, sosial, olahraga, lingkungan, pertambangan, dan energi, perhubungan dan ketahanan pangan. Puncak hasil kinerja jurnalisme online yang dipraktikkan selama ini mendapat pengakuan secara nasional dibuktikan dengan prestasi. Multi Media Centre dinobatkan sebagai Media Center dengan kategori penulisan berita terbaik peringkat 3 (tiga) nasional pada tahun 2023 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ucapnya."

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta bimtek penulisan berita dan pengeloaan konten media sosial dapat memahami nilai berita dan menguasai teknis mengelola konten media sosial menjadi representasi negara dan instansi dalam menyajikan layanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.

Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi dalam laporannya menyampaikan tujuan digelarnya bimtek penulisan berita dan pengeloaan konten media sosial ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada peserta tentang penulisan berita serta meningkatkan kemampuan/skill SDM admin media sosial agar dapat merancang pesan yang tepat untuk khalayak sasaran dan menyebarluaskannya pada media sosial yang tepat, Tuturnya."

Peserta kegiatan adalah Pejabat, Staf dan Kontributor dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng. Narasumber kegiatan ini adalah Pranata Humas Kementerian Kominfo Moh. Taufik Rhauf dan Pranata Humas Sekretariat DPRD Prov. Kalteng Noriko Yunanto.

Kegiatan  dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi Kalteng atau yang mewakili, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Diskominfosantik ProvinsinKalteng serta Narasumber dan Peserta Bimtek Penulisan Berita dan Pengeloaan Konten Media Sosial.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments