P. Raya

Berkunjung ke Agrowisata Kebun Buah Petik Misik Kelampangan, Bisa Petik Buah Sendiri

PALANGKA RAYA -  Agrowisata Kebun Buah Petik Misik berada di kelurahan Kelampangan, kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya. Awal pembukaan lahan dari tahun 2014 dan mulai ditanam tahun 2016. Selain bisa berwisata melihat pemandangan alam yang masih hijau.  

Wisata tersebut menjadi wisata alternatif, tujuan utamanya untuk warga yang berwisata di tempat ini bisa memetik beragam banyak buah. Tentunya harus seijin dari pemandu wisatanya.

“Lumayan banyak orang yang berkunjung. Terlebih saat liburan, pengunjung ramai berdatangan untuk membeli buah ataupun menikmati langsung buah pilihanya di kebun”,  ujar pengelolanya, 28  Januari 2023.

Menanam beberapa jenis buah-buahan dengan luas lahan yang mencapai 5 hektar  kemudian dikirim ke kota Palangka Raya dan kabupaten sekitar.

“Kami disini menanam beberapa jenis buah-buahan seperti jambu kristal merah, jeruk, lengkeng, mangga dan buah kelapa. Panen jambu kristal dalam 1 bulan biasanya bisa dapat 1 ton lebih dan pada proses pertumbuhan di sini masih aman dan biasanya kendala yang kami hadapi itu seperti adanya hama busuk buah dan untuk mengatasinya kami menggunakan bahan kimia sejenis racun hama” Kata Erai yang merupakan pengelola kebun di agrowisata tersebut, 28 Januari 2023.

Lebih banyak pengunjung merupakan harapan dari tempat sebuah wisata yang sudah beroperasi. Menjaga kebersihan sekitar perkebunan merupakan salah satu hal yang penting bagi kenyamanan pengunjung. Sebagai orang yang memiliki tugas sebagai pemeliharaan kebun, bapak Erai mengharapkan adanya penurunan harga pupuk dari pemerintah.

“Kami mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah untuk penurunan harga pupuk yang bagus untuk buah-buahan sehingga nantinya buah-buahan yang di tanam dengan pupuk yang berkualitas akan menghasilkan buah yang manis.” Pungkasnya.

(Olivia Vutri/ Feny Hariany)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments