P. Raya

Berwisata Sambil Mengenal Alam Di Kawasan Surung Danum

PALANGKA RAYA - Alam dengan segala ragam ekosistem lingkungan di sekitarnya, seperti pepohonan, air sungainya,  menjadi alternatif kawasan destinasi wisata yang diminati masyarakat, tidak terkecuali warga Kota Palangkaraya. Seperti kawasan wisata surung danum, di jalan Cilik Riwut  Kilometer 29, Desa Sidomulyo Kota Palangkaraya ini, selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk berenang, mandi  atau hanya sekedar bermain air bersama keluarga, dan handai tolan.

Untuk sampai ke objek Wisata Surung Danum, dari Kota Palangkaraya perlu waktu tempuh sekitar 30 sampai dengan 45 menit, karena letaknya yang lumayan jauh dari jalan raya. Akses jalan menuju ke kawasan wisata milik pribadi warga  setempat,  ini sudah beraspal. Wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya saat liburan saja,hari hari biasa pun ada saja warga yang datang, sekedar untuk menghabiskan hari, atau makan bersama keluarga, bahkan hanya untuk berenang di sore hari. Sepanjang  sisi kiri kanan sungai di tumbuhi pepohonan liar yang masih alami sehingga kesan asri sangat lah terasa, ditambah lagi kicauan burung menambah asik suasana. Di tempat ini banyak sekali warga yang membawa anak kecil untuk bermain air, karena tempatnya memang dibuat sedemikian rupa sehingga aman untuk kategori anak anak yang belum bisa berenang.

Fasilitas di surung danum juga sudah sangat memadai, dengan tarif masuk 5 ribu rupiah per orang, sudah tersedia  gazebo, aula yang bisa disewa untuk petemuan, rumah rumah kecil untuk pengunjung yang ingin menginap. Juga ada hammock (ayunan), untuk pengunjung yang ingin  bersantai di bawah rindangnya pohon. Kawasan parkir luas dan tersedia lapak para pedagan yang meneydiakan aneka makanan dan minuman. Kamar mandi juga tampak bersih, oh ya di tempat ini juga tersedia ban, dengan membayar sewa 10 ribu rupiah. 

Seperti penuturan Rizky dan Upik siswa kelas 3 SDN 1 Sabaru Kereng Bangkirai Kota Palangkaraya. Dirinya bersama teman sepermainan kerap berkunjung ke kawasan ini, mereka mandi dan bermain air dipenghujung minggu, bersama keluarga. Mereka memilih tempat ini karena alam nya yang masih asli, banyak pepohonan rindang, airnya yang berwarna merah cendrung hitam, berbeda dari tempat lain, dengan kedalaman yang bervariasai dan aman untuk anak anak seusia mereka yang belum terlampau mahir berenang.

Menurut catatan para ahli, banyak sekali manfaat yang di dapat anak anak ketika mereka  bermain, berenang atau mandi di sungai, dengan catatan semua aman, dan dalam pengawasan, diantaranya, melatih kemampuan motorik dan sensorik, meningkatkan kekebalan tubuh ,merangsang kreativitas dan imajinasi, mengurangi stres, dan rasa cemas, mengasah keterampilan sosial,dan yang tak kalah pentingnya mengurangi penggunaan gedget pada anak.

Yuuk tunggu apalagi, ajak putra-putri anda bermain air, berenang, dan mandi di aliran sungai, segudang manfaat positif sudah menunggu. Berwisata murah sambil belajar, dan mengeksplor alam sekitar, menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan sejak usia dini.dengan catatan kondisi anak sehat dan baik juga aman.

 

(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments