P. Raya

Beta Syailendra : Generasi Muda Mesti Mencintai Budaya Daerah

PALANGKA RAYA - Beta Syailendra mengatakan, kebudayaan daerah tidak hanya menjadi salah satu aset kultural yang berharga, namun juga memiliki nilai penting dalam menjaga identitas suatu daerah.  Adapun eksistensi nilai-nilai kearifan lokal mulai terancam di era globalisasi. Apalagi masuknya berbagai praktik serta budaya dari luar tak terhindarkan.

“Banyak generasi muda yang semakin mengabaikan kebudayaan seiring pesatnya perkembangan teknologi,” katanya Kamis 11 Juli 2024.

Menurutnya, jika keadaan ini dibiarkan, kebudayaan daerah akan tergerus dan mengalami penurunan. Selain lembaga pendidikan, peran dan keterlibatan dari masyarakat juga sangat besar pengaruhnya terhadap kebudayaan maupun kesenian lokal. 

Dia khawatir masuknya budaya asing juga bisa mengikis budaya-budaya lokal yang menjadi ciri khas suatu daerah. Apalagi jika pengetahun masyarakat utamanya anak muda terhadap budaya sendiri masih kurang. Maka budaya lokal atau daerah pun bisa menjadi mudah dilupakan. Sehingga, lanjut dia, sebagai pemilik kebudayaan tersebut, sudah seharusnya masyarakat dan generasi muda mengambil peran dalam pelestarian kebudayaan. 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments