Barsel

Bimbingan Teknis: Meningkatkan Kemampuan Pengelola Perpustakaan di Barsel

BUNTOK –Pada hari Selasa 25/06/2024, seusai Bimtek pengelolaan perpustakaan SD/MIyang diikuti para guru ssebagai pengelola perpustakaan, Adanya bimbingan teknis sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan perpustakaan. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Barito Selatan, Harmito.

Ia mengatakan kepada awak media, “Dengan adanya kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan para guru khususnya pengelola perpustakaan. Agar  perpustakaan bisa lebih efektif, efisien dan menjadi sarana yang menyenangkan bagi para anak didik untuk bisa tertarik kembali pada perpustakaan, apalagi di era digitalisasi sekarang  sangat berat tantangan bagi perpustaan untuk diminati kembali,” ujarnya lugas.

Tentunya dalam hal ini Peserta juga bisa membagi pengalaman maupun ide-ide, solusi dan gagasan dalam memperkaya pengelolaan perpustakaan agar ke depannyabisa lebih efektif dan menyenangkan dengan inovasi inovasi yang menarik tentunya.

Lanjut ia mengatakan di era cerdas tahun 2045, perlu adanya  3 literasi yang diharapkan yakni literasi kemampuan membaca, mendengar dan literasi mampu melihat untuk para anak didik.

Untuk saat ini inovasi atau terobosan yang akan dimanfaatkan dengan  menyediakan ruang baca di rumah sakit dan Bank Kalteng. Dengan memanfaatkan waktu yang pendek sambil menunggu pelayanan baik di rumah sakit atau bank bisa meluangkan waktu membaca buku paling tidak 15 menit, hal ini setidaknya dirasakan akan berdampak menjadi kebiasaan memanfaatkan waktu luang dengan membaca.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments