Nasional

BLK UPT Sangat Strategis Untuk Melayani Kebutuhan Pasar Kerja

JAYAPURA - Komisi IX DPR-RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua dalam rangka reses masa persidangan V Tahun Sidang 2021-2022, pada Selasa, 12 Juli 2022.

Ketua Tim kunjungan komisi IX DPR-RI, Emanuel Melkiades Laka Lena pada acara tersebut menyampaikan cukup banyak potensi kita untuk bisa mendorong pekerja kita terakses program jaminan sosial bagi pekerja dan program ini sangat murah meriah dengan dampak yang besar bagi kalangan pekerja serta sangat membantu pemerintah disaat pekerja kita terkena dampak, baik dari kecelakaan kerja maupun kematian.

Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, Semarang, Heru Wibowo saat memberikan pemaparan pada acara kunjungan Komisi IX DPR-RI, menyampaikan, Pihaknya memiliki fungsi untuk melaksanakan pelatihan dan juga kerjasama pelatihan dengan dunia usaha serta dunia industri.  Selain itu pihaknya juga melasanakan fasilitasi untuk program bantuan bagi Balai Latihan Kerja (BLK) ) Unit Pelaksana Tehnik Dinas Daerah (UPTD) yang dimiiki oleh Kabupaten dan Kota.

Heru Wibowo menambahkan, dalam rangka memberdayakan BLK-BLk Kabupaten pihaknya memberikan program bantuan, seperti bantuan peralatan dan bantuan kepada BLK Komunitas.

Terkait Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), Jayapura, Provinsi Papua yang sudah dalam penanganan Kementerian Ketenagakerjaan untuk menjadi BLK UPT, Heru Wibowo mengatakan, BLKI Jayapura dapat menjadi BLK UPT di wilayah timur Indonesia yang sangat luar biasa. Selain untuk melayani masyarakat Papua bahkan sampai melayani masyarakat negara tetangga. Menurut Heru Wibowo hal itu sangat luar biasa, karena BLK harus mampu melayani kebutuhan pasar kerja.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindakop, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Ir. Omah Laduani, mengatakan, keberadaan BLK di Papua sangat strategis untuk menangani masalah putus sekolah. Oleh karena itu keberadaan UPT BLK di Papua untuk kebutuhan tenaga kerja sangat bagus,”.

(Noris)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments