P. Raya

Buah Siwalan Atau Lontar Ada Di Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Buah Siwalan atau buah  Lontar, yang sering dibuat campuran minuman seperti es buah, es dawet, atau campuran membuat makanan seperti kue , mengundang perhatian masyarakat kota Palangka raya.

Dengan bahasa latin Borassus Flabellifer dan familiar orang Indonesia menamakan buah siwalan atau buah lontar, ramai jadi perhatian warga kota Palangka raya. Ada yang  sekedar bertanya tanya bahkan  banyak pula yang langsung membeli.

Menurut Dewi salah satu warga yang membeli buah siwalan, baru kali ini melihat langsung buah ini. Sebelum membeli banyak bertanya dengan penjualnya,  bagian apa yang bisa di makan dari  buahnya dari mana asal buah, serta khasiat buah lontar atau siwalan tersebut .selasa,(13/12/2022)

Menurut penjualnya, buah Siwalan ini selain enak bisa juga dibuat minuman seperti es degan, es dawet, bahan kue dan selai, serta berkhasiat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah dehidrasi, obat diabetes, antibiotik, menjaga fungsi ginjal dan kesehatan kulit .

Isi dari Buah siwalan mempunyai  tekstur yang kenyal lembut berair dan rasa yang manis , mempunyai kulit yang berserat berjumlah puluhan buah dalam setiap tangkainya.

Selain buahnya, dijual pula air legen dari sadapan buah siwalan  yang dijual dengan harga Rp.25.000, botol aqua, dan buah siwalan dijual dengan harga Rp.20.000, buah.

Buah Siwalan yang  didatangkan dari Jawa ini, adalah buah yang banyak tumbuh di pesisir pantai kepulauan Asia dan Asia tenggara, bisa tumbuh sampai berumur 100 tahun dan berbuah pada umur 20 tahun.

 Bagi masyarakat kota Palangka raya yang ingin membeli bisa datang  di  jalan Cilik Riwut KM 4, tepatnya di depan LPMP kota Palangka raya, dan sudah ratusan buah yang terjual .

(Altius Utama)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments