Kalteng

BUMDes Bisa Jadi Solusi Petani Di Desa

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Seruyan inginkan keiku-t sertaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam membantu sekaligus memfasilitasi kegiatan petani di desa masing-masing guna membantu jalanya perekonomian di desa setempat.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, M Aswin menyarankan agar pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa memfasilitasi penyediaan sarana pertanian di desanya masing-masing. Dengan adanya dana desa bisa membuat anggaran bagi pemberberdayaan di desa melalui BUMDes di wilayahnya termasuk membantu para petani dengan memaksimalkan peran dari BUMDes itu sendiri. Sebab sektor pertanian di desa-desa dinilai potensial untuk dikembangkan.

“BUMDes diharapkan mampu memfasilitasi penyediaan sarana dan prasarana pertanian khususnya bagi desa-desa yang memang potensial sektor pertaniannya,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Dirinya berharap dengan adanya BUMDes dapat memudahkan warga terutama bagi petani, seperti sarana prasarana  penyediaan pupuk pertanian dan lainnya. Menurut Aswin bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan pupuk yang ada di Kabupaten Seruyan pasca musim panen, sehingga menyebabkan hasil petani kurang maksimal.

(Giya)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments