Nasional

Bupati Aron Serahkan Bibit Sawit Siap Tanam

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron Sh, lakukan penyerahan bibit unggul kelapa sawit siap tanam program IP3K bertempat di lokasi penangkaran benih kelapa sawit janang sabatu, PT. Taka Sima, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Senin 17 Juli 2023. Penyerahan bibit unggul kelapa sawit siap tanam program IP3K ini diberikan kepada 27 kelompok tani, 21 Desa, Di 6 Kecamatan.

Kata aron, komoditas perkebunan kelapa sawit adalah penopang perekonomian masyarakat, dengan harga yang relatif baik kondisi ekonomi petani kelapa sawit menjadi cukup stabil. Hal ini juga menyebabkan meningkatnya animo masyarakat dalam hal budidaya tanaman kealapa sawit.

Pemerinath Kabupaten Sekadau telah menetapkan program unggulan yaitu infrastruktur, perkebunan, pertanian dan perikanan untuk kesejahteraan masyarakat (IP3K), yang salah satunya adalah dengan pemberian bantuan benih unggul kelapa sawit siap tanam.

Bantuan benih unggul kelapa sawit siap tanam ini adalah stimulus, agar petani pekebun dapat membudidayakan kelapa sawit dengan baik  dan benar. Karena kunci keberhasilan pembangunan kebun kelapa sawit adalah dengan penggunaan benih unggul.

Sebagai prigram yang berkelanjutan, program IP3K berupa bantuan benih kelapa sawit unggul ini akan diluncurkan kembali pada tahun-tahun berikutnya sesuai dengan ketersediaan anggaran. Kegiatan tahun ini merupakan realisasi perdana, tentunya perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk dilakukan perbaikan pelaksanaan pada kegiatan tahun berikutnya. Sekadau maju, sejahtera dan bermartabat.

Drs. Sande, M.Si, Kepala Dinas DKP3 Kabupaten Sekadau mengatakan, kelompok tani se-kabupaten sekadau sosialisasi kepada kelompok tani penerima bantuan yang dilaksanakan di tiap-tiap kecamatan, dari 6 kecamatan sebanyak 170 usulan dengan luas tanah 3700 hektar.  Untuk pengadaan benih kelapa sawit siap tanam tersebut dilaksanakan sesuai ketentuan melalui proses pengadaan barang, jasa yang tersedia dalam e-katalog lokal.

Dia berharap, kepada para kelompok tani penerima agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-sabaiknya. Segera ditanam pada lahan yang sudah disiapakan, sehingga diharapakan dalam waktu 3 tahun kedepan sudah dapat menikmati hasilnya.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments