Katingan

Bupati Katingan Minta Masyarakat Tidak Bakar Lahan

KATINGAN – Bupati Kabupaten Katingan ajak seluruh masyarakat menjaga lahan dan hutan dengan tidak melakukan pembakaran, terutama saat membuka lahan.

Dikatakan Sakariyas, sudah beberapa tahun, Kabupaten Katingan bebas dari asap, artinya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat tinggi, namun demikian kewaspadaan tetap ditingkatkan dan tidak boleh lakukan pembakaran hutan termasuk lahan.

“Selama ini kita sudah bebas dari asap, makanya saya tetap meminta masyarakat, bersama-sama kita jaga hutan dan lahan, jangan sampai ada yang membakar lahan atau hutan,” Ungkap Bupati Sakariyas usai apel gabungan dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila dan apel kesiapsiagaan Karhutlah di halaman kantor Bupati Katingan. Senin (19/06/2023).

Bahkan kata Sakariyas, masyarakat memiliki peran penting dalam menghadapi Karhutlah, pasalnya tenaga yang dipersiapkan untuk penanganan Karhutlah, terbatas sehingga kerjasama dengan masyarakat sangat penting.

“Kalau terjadi kebakaran, mari kita bersama-sama melakukan aksi pemadaman sambil menunggu petugas yang ada,” Ujar Sakariyas.

Lebih lanjut, dikatakan orang nomor satu di Katingan, Sakariyas, pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, wajib mengaktifkan kembali Satuan Tugas (Satgas) Karhutlah dan yang belum terbentuk segera dibentuk.

“Ini hal penting juga, Satgas tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, segera dibentuk dan diaktifkan,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments