Katingan

Kecamatan Tasik Payawan Rawan Karhutlah

KATINGAN – Kecamatan Katingan, merupakan salah daerah di Kabupaten Katingan yang rawan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah). Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus, terdapat 157 titik hospot yang terpantau di tiga kecamatan termasuk Tasik Payawan, dimana kebakaran menghabiskan ratusan hektar, namun pihaknya beserta pihak-pihak terkait, terus bekerja keras melakukan upaya pemadaman.

“Untuk di Katingan, Tasik Payawan paling rawan, kemungkinan karena lahan gambutnya cukup luas dan dalam, namun dari sejumlah titik api, kami telah melakukan pemadaman,” Ungkap Markus. Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Senin (19/06/2023).

Diakui Markus, untuk mencegah terjadinya Karhutlah, pihaknya berharap adanya kerjasama dengan masyarakat, sehingga ketika terjadi kebakaran, secepatnya bisa diatasi.

“Harapan kami, masyarakat juga perlu bersama-sama untuk mencegah sedini mungkin potensi terjadinya kebakaran hutan maupun lahan, karena petugas Karhutlah tentu sangat terbatas,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments