P. Pisau

Bupati Pulpis Hadiri Rakor Kelembagaan Adat

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan rapat koordinasi Kelembagaan Adat Tahun 2021, di Kecamatan Maliku, Rabu (24/11/2021).

Selain Bupati Pulpis, Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Pulpis, H Ahmad Rifai, Kejari Pulpis Dr. Priyambudi, Ketua DAD Pulpis Edvin Mandala, Kabag Pemerintahan Setda Pulpis, Herman Wibowo, Camat Maliku, Teras, Damang dan Mantir Adat se Pulang Pisau khususnya disekitar Kecamatan Kahayan Kuala, Sebangau Kuala, Maliku dan Pandih Batu.

Kepada awak media, Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang mengatakan bahwa kegiatan Rakor ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan berkala setiap tahunnya.

”Kegiatan ini yang kedua kita laksanakan di Tahun 2021, setelah di Kecamatan Kajayan Tengah kemaren. Pertemuan ini dapat dimaknai sebagai ajang silaturahmi Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau dengan masyarakat adat, khususnya Damang dan Mantir Adat, se Kabupaten Pulpis," ucap Taty Narang sapaan akrab Bupati Pulpis itu.

Taty mengatakan sesuai dengan amanat dari Perda Kabupaten Pulang Pisau Nomor 14 Tahun 2012 tentang kelembagaan Adat Dayak, bahwa Pemerintah Daerah mengakui, menghormati dan menghargai keberadaan hak-hak masyarakat Adat Dayak sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya perwujudan dari Misi Bupati Pulang Pisau, yakni memberdayakan organisasi kemasyarakatan.

"Dan juga sebagai bentuk dukungan Pemkab Pulang Pisau terhadap keberadaan Kelembagaan Adat adalah fasilitasi pelaksanaan program kerja Damang Kepala Adat dan program kerja Dewan Adat melalui penganggaran dalam APBD kabupaten pada semua jenjang, dengan pendanaan," katanya.

Bupati juga menegaskan mengingat saat ini dalam kondisi Pandemi Covid-19, Bupati mengajak kepada kita semua untuk terus mempromosikan Protokol Kesehatan, yakni 5M kepada masyarakat.

Taty berharap kegiatan Rakor Kelembagaan Adat ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk mencanangkan Pulang Pisau bangkit dan bergerak menuju Pulang Pisau yang Inovatif, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera.

”Walaupun saat ini Kabupaten Pulang Pisau telah masuk Level 1 dan perkembangan covid melandai, kita semua terus waspada dan jangan abai serta lengah dengan Prokes, dan mendorong dengan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat untuk bersedia di vaksin agar memiliki kekebalan komunitas sehingga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir," ungkapnya.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Setda Pulpis, Herman Wibowo, selaku pelaksana kegiatan itu mengatakan kegiatan itu bertujuan sebagai salah satu upaya memberdayakan organisasi kemasyarakatan khususnya masyarakat Adat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bertahap, tahap pertama dilaksanakan di Kecamatan Kahayan Tengah yang mencakup wilayah Kecamatan Jabiren Raya, Banama Tingan dan Kahayan tengah.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments