P. Pisau

Bupati Sambut Kunjungan Kapolda Kalteng ke Belanti Siam

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Rifai, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Pulang Pisau Erpan,  dan Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono menyambut kedatangan Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto M.Si, di Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau,  Selasa (08/03/2022). 

Pada kesempatan tersebut Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolda untuk bersilaturahmi bersama petani di wilayah food estate Desa Belanti Siam. 

Pemkab memberikan apresiasi kepada para petani, agar tetap semangat untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional food estate di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. 

“Program food estate ini semua anggaran dari pusat, kami pemerintah selalu mengupayakan yang terbaik untuk para petani. Dan untuk produksi panen saat ini kisaran 4 ton sampai 6 ton per hektare, “ kata Pudjirustaty Narang.

Bupati yang karib disapa Taty ini juga memperkenalkan kelompok tani yang hadir menyambut kunjungan Kapolda tersebut. Salah satunya Mujiono yang menyampaikan harapannya kepada bupati dan Kapolda.

Mujiono, berharap adanya tindak lanjut untuk program food estate ini. Dia berharap adanya bantuan pupuk, pestisida, insektisida dan penjualan hasil panen.

Setelah mendengarkan harapan tersebut Nanang Avianto pun menyebut, pihaknya akan terus berupaya membantu para petani yang menggarap lahan di program food estate tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa program food estate di Indonesia ada 2 tempat yakni Sumatra Utara (Sumut) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). 

“Kami akan terus mengupayakan bantuan untuk petani karena program food estate ini adalah tanggung jawab polri untuk mengawalnya,” jelasnya. Kapolda mengharapkan anak muda milenial di sini dapat bersekolah dan nantinya bisa mengembangkan pertanian dgn teknologi yang lebih baik. Agar semua bisa bersinergi untuk mengembangkan program food estate ini untuk lebih baik. 

Ia memastikan juga Babinkamtibmas dan juga Babinsa pasti akan membantu petani yang ada di daerah ini. Selain itu teknologi juga harus dikuasai untuk bisa lebih meningkatkan produksi.

“Saya membawa jajaran Polda ke sini untuk mengenal lingkungan, khususnya program ketahanan pangan food estate, sehingga kami punya peran serta dalam mewujudkan program pemerintah ini,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Slamet Untung Rianto mengatakan, food estate ini multi komoditas, selain padi, di situ ada tanaman hortikultura, peternakan, dan perikanan. 

“Ada lima kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau yang kawasannya masuk dalam  program food estate, semua dikembangkan sesuai dengan kondisi dan potensi wilayahnya,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut dari jajaran Pemerintah Kabupaten  Pulang Pisau turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta, Kepala Dinas Pertanian Slamet Untung Riyanto, Kepala Dinas PUPR Usis I. Sangkai, Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Leting, Camat Pandih Batu Sarjanadi dan Kepala Desa Belanti Siam.

(Sadiyo)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments