Nasional

Bupati Sekadau Buka Pekan Gawai Dayak Ke - XII

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron Sh, resmi membuka pekan gawai dayak ( PGD ) ke - XII tahun 2023, rumah betang youth center, jalan panglima naga, komplek pasar baru, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Selasa 18 Juli 2023.

Dalam sambutannya, aron mengajak seluruh etnis dan suku yang ada di kabupaten sekadau untuk terus dapat bergandengan tangan dalam merawat keberagaman. Menurutnya keberagaman etnis, suku dan budaya bisa menjadi magnet untuk mencapai kemajuan bersama.

Kata Aron, perihal perbedaan pendapat merupakan suatu hal yang biasa. Akan tetapi tekad bersama untuk kemajuan kabupaten sekadau menurut-nya harus terus dipupuk. Sehingga keberagaman yang mengakar dan melekat harus perlu dirawat untuk kemajuan. Ia mengapresiasi setinggi-tingginya kepada sub suku dayak kerabat yang telah melaksanakan ritual adat yang begitu luar biasa. Harapan agar hal-hal seperti ini terus dikembangkan juga kita utamakan.

Dalam tradisi tentunya masyarakat adat dayak, kegiatan panen padi sebagai perwujudan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa karena diberi kelimpahan, sumber daya alam. Makna gawai, itu tidak lepas dari aspek alam, ritual adat, sosial budaya yang ditampilkan. Tujuan dilaksanakannya gawai dayak ini adalah sebagai puncak atau penutupan dari pesta gawai nyapat tahun, yang dilaksanakan di seluruh kampung yang ada di kabupaten sekadau ini.

Selain itu, kemudian untuk mempromosikan kebudayaan masyarakat kabupaten sekadau baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional. Dengan tema, bersatu untuk semua, dengan persatuan kita ujudkan dayak yang maju, bermartabat dan berdaulat.

(Yahya Iskandar)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments