Kalteng

Bupati Seruyan Harapkan Perusahaan Sawit Penuhi Kewajiban Plasma

KUALA PEMBUANG - Bupati Seruyan Yulhaidir memimpin Rapat Konsolidasi Kegiatan Sertifikasi Yuridiksi Dalam Mendorong Kelapa Sawit Berkelanjutan di Kabupaten Seruyan, serta mengingatkan pada perusahan sawit agar memunuhi hak masarakat terkait pembagian plasma kepada masarakat sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan,  di Pullman Hotel and Resorts,  Jum’at 8 Juli 2022.

Tujuan dari pertemuan ini yang pertama adalah untuk mencapai kesepakatan bersama perusahaan perkebunan kelapa sawit terhadap inisiatif Pemkab. Seruyan dalam melaksanakan sertifikat yuridiksi untuk mendorong transisi ke arah berkelanjutan. Kedua untuk menginformasikan bentuk dukungan dari perusahaan perkebunan yang dibutuhkan oleh Pemkab. Seruyan dalam melaksanakan rencana aksi daerah perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Kabupaten Seruyan dan ketiga yaitu menyepakati bersama keterlibatan aktif perusahaan dalam upaya mendorong sertifikasi yuridiksi.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Seruyan meminta kepada perusahaan agar segera memberikan plasma kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah diterbitkan, sehingga tidak ada lagi keluhan dari masarakat sekitar perusahaan terkait pemenuhan hak masrakat dengan pembagian plasma sesuai dengan peraturan pemerintah.

Selain itu sebagai tindak lanjut dari Rakor AKPSI diharapkan PKS segera menaikkan harga TBS sesuai dengan Surat Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 144/KB.310/M/6/2022 dengan harga yang disepakati sebesar 1.600/kilo. Sebab saat ini harga pembelian buah sawit di lapangan masih tidak sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah, sehingga dirinya meminta kepada perusahaan  sawit agar segera mengikuti peraturan yang telah di tentukan, sehingga tidak ada lagi masarakat yang akan dirugikan terutama petani sawit.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments