P. Raya

Catur Winarti Himbau Waspada Pada Musim Hujan

PALANGKA RAYA - Kepala BMKG Palangka Raya Catur Winarti saat dimintai konfirmasi tentang perubahan cuaca yang akan dating mengatakan, musim hujan pada tahun ini masih dipengaruhi oleh El Nino sampai dengan bulan Februari dan selanjutnya akan melandai, ucapnya di hotel Luwansa, Kamis 23 Nopember 2023.

"Namun walaupun masih dipengaruhi oleh El Nino intensitas curah hujan pada musim hujan tahun ini masih sangat perlu diwaspadai terutama untuk daerah-daerah yang memang rawan terhadap kejadian genangan banjir dan tanah longsor juga yang harus diwaspadai adalah curah hujan pada musim hujan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Catur menjelaskan, biasanya itu disertai dengan angin kencang dan juga petir itu harus diwaspadai. Maka untuk mengurangi dampak banjir,  rekomendasikan kepada masyarakat atau dianjurkan kepada masyarakat untuk mulai membersihkan lingkungan sekitar yaitu melihat saluran air kemudian juga potensi kota di sekitar yang memang berpotensi angin kencang dan sebagainya.

" Untuk akhir tahun itu biasanya masuk Puncak Puncak musim hujan di wilayah Kalimantan Tengah itu di bulan Desember, Januari hingga Maret. Maka di 3 bulan kedepan harus diwaspadai," Imbuhnya.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments