Katingan

Dampak kemarau picu penurunan Debit air  Sungai di Katingan

KATINGAN - Sabtu 26/08/2023 dihadapan awak media, Sugianto SH selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, menyampaiakan rasa khawatirnya jika debit air sungai di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan selama musim kemarau terus terjadi penurunan yang akan memicu pedangkalan sungai.

Untuk itulah ia menyatakan perlunya mengambil langkah antisipatif sebelum situasi memburuk. Ia menyoroti konsekuensi dari pendangkalan sungai ini, terutama pada akses transportasi sungai. Menurutnya, jika terjadi pendangkalan di sejumlah sungai, termasuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan dan anak sungainya, perahu-perahu besar dan kelotok tidak akan bisa mencapai desa-desa. Bahkan perahu kecil berisi barang dengan kapasitas kecil juga akan mengalami kesulitan dalam berlayar. Padahal kita ketahui selama ini sarana sungai berdampak besar pada pasokan kebutuhan pokok (sembako) di daerah tersebut.

Beberapa desa di Kecamatan Katingan Hulu mengandalkan pasokan sembako dan barang-barang rumah tangga melalui distribusi pedagang yang menggunakan perahu kelotok dari luar wilayah. Karena itu, jika perahu-perahu tidak bisa berlayar melalui sungai dan anak sungai untuk mencapai desa-desa, harga sembako dan barang komoditi lainnya akan meningkat signifikan karena biaya pengangkutan yang lebih tinggi.

Sugianto menjelaskan, "Jika perahu-perahu tidak bisa mencapai desa-desa di Kecamatan Katingan Hulu, harga sembako dan komoditas lainnya pasti akan melonjak. Pengiriman harus dilakukan melalui jalur darat, dan seringkali melalui jalan yang dimiliki oleh perusahaan."

Untuk mencegah lonjakan harga dan kekurangan pasokan sembako, Sugianto mendesak instansi terkait untuk mencari solusi sebelum situasi semakin memburuk.

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments