P. Raya

Dasar Pola Asuh Di Era Digital Dan Virtual

PALANGKA RAYA - Memahami prilaku dan pola asuh generasi Z, di era air bah informasi, seperti saat ini sangat lah penting bagi orang tua dan tenaga pendidik. Pola asuh anak saat ini mengalami pergeseran sebagai akibat terpaan dunia digital dan virtual, dimana semua orang mudah untuk meng-aksesnya termasuk anak anak dan tidak dapat dipungkiri tampilan serta suguhan yang ada di gedget inilah yang sangat menarik hati.   

Demikian yang disampaikan pemateri Vikaris Mercy matakupan S. Th dari  Gereja Reformeed Injili Indonesia,  Jakarta yang juga  dosen di Sekolah Teologia Reformed Injili Surabaya (Stris) Andhika. Saat seminar parenting dengan tajuk dasar pola asuh di era digital dan virtual. Kegiatan ini digelar di gke, gereja nasaret jalan gemini no 2 komplek amaco Kota Palangka Raya, pada sabtu 20 agustus 2022. Acara ini diikuti oleh para guru sekolah minggu, sunday school, di lingkup gereja setempat.

Topik memahami generasi Z,  di era air bah informasi dunia digital saat ini dunia maya,  mampu menghipnotis dan menawan hati  anak anak  terlebih mereka memasuki dunia imajinasi yang menghilangkan rasionalitas.dengan media sosial berselancar lebih mudah mencari informasi, pengetahuan. Identitas diri anak pun berubah, mereka bebas berekspresi terbuka pikiran  perasaan bahkan tidak ada lagi ranah pribadi atau private area. Orang tualah yang berperan sebagai pendamping, pendekatan persuasif bahkan memberikan hiburan.

Sesi berikutnya diberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Tampak para peserta yang didominasi para orang tua ini, antusias mengajukan pertanyaan kepada nara sumber seputar pola asuh kekinian dan dampak serta cara agar  sang buah hati tidak sampai adiktif  terhadap gedget nya dan asik dengan dunianya sendiri.

(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments