P. Raya

Deklarasi Damai Pemilu 2024, Langkah Awal satukan persepsi menuju Pemilu Sukses dan Aman

PALANGKA RAYA - PD KMHDI Kalteng dan BEM IAHN-TP Palangka Raya mendeklarasikan pemilu damai 2024 berjalan dengan lancar, dalam Dialog dan Deklarasi Pemilu Pamai Pemuda dan Mahasisawa Hindu Kaliamnatan Tengah bertempat di Pura Pitamaha Palangka Raya, Minggu  4 Februari 2024.

"Kami menyadari menjelang pemilu 2024 ini suhu politik kian memanas," kata Pimpinan Daerah (PD) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Betto.

Deklarasi ini dibacakan bersama Pimpinan Daerah (PD) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Kalimantan Tengah dan Badan Eksekutif Mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya yang berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan persatuan bangsa di tengah kontestasi politik.

Betto mengatakan melihat perpolitikan yang semakin memanas di tahun 2024, PD KMHDI Kalteng dan BEM IAHN-TP Palangka Raya merasa terpanggil untuk mengambil peran dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia menjelaskan deklarasi pemilu damai 2024 berisi beberapa poin penting, diantaranya menolak segala bentuk berita hoaks dan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah bangsa.

Kemudian menolak politisasi kampus dan penggunaan isu SARA dalam kampanye politik dan mendorong penyelenggaraan Pemilu 2024 yang jujur, adil, dan bermartabat, serta mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga kondusifitas dan keamanan selama masa pemilu.

Betto menegaskan, pemuda dan mahasiswa memiliki peran penting dalam menjaga demokrasi dan persatuan bangsa. Deklarasi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan pemilu 2024 yang damai dan berkualitas.

"Pemuda dan mahasiswa adalah agen perubahan dan penjaga demokrasi. Oleh karena itu, kami perlu mengambil peran aktif dalam menjaga kondusifitas dan persatuan bangsa di tengah kontestasi politik," katanya.

Betto berharap melalui deklarasi pemilu damai 2024 dapat menjadi momentum untuk mendinginkan suhu politik dan menciptakan suasana  kondusif menjelang pemilu 2024. 

"Dengan komitmen dan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat diharapkan pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai, jujur, dan adil," tegasnya.

Di tempat yang sama, Filipi selaku Presiden BEM IAHN TP Palangka Raya juga menyampaikan sikap yang kurang lebih sama dengan betto, Filipi menekankan terkait dengan gerakan dialog pemuda ini lahir karena situasi nasional yang memanas.

"kita berkaca pada situasi nasional sehingga lahirlah gerakan dialog pemuda hari ini". pungkas Filipi

Deklarasi pemilu damai ini juga dihadiri  Kapolda kalimantan Tengah, KPU Kalimantan Tengah, Lembaga Demokrasi Kepemiluan PP KMHDI, PHDI Kalimantan Tengah dan DPP Peradah Kalimantan Tengah.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments