Barut

Desa Trahaen Resmi Di Canangkan Kampung Berkah

BARITO UTARA - Korem 102/Panju Panjung melalui Kodim 1013/Mtw bersama Pemerintah Kabupaten Barito Utara berkomitmen mencanangkan Kampung Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). Pencanangan ini dilaksanakan di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara, Rabu (1/12/2021).

Kegiatan ini mengusung tema Mandiri Dalam Perekonomian Mikro, Lestarikan Budaya Lokal, Ciptakan Kekeluargaan Dan Demokrasi yang Berideologi Pancasila. Pencanangan ditandai dengan pemukulan Gong.

Pabung 1013/Mtw Mayor Inf Heru Widodo mengatakan, kampung berkah merupakan upaya TNI khususnya Korem 102/Pjg dalam membantu Pemerintah Daerah untuk mewujudkan pembangunan kota yang maju, rukun, sejahtera serta mandiri. Hal ini sejalan dengan visi misi pemerintah daerah.

Ia menuturkan, Kabupaten Barito Utara memiliki banyak kekayaan. Dibalik kekayaan, keunikan dan keindahan alam serta keanekaragaman seni dan budaya yang dimiliki, melalui Pencanangan Kampung Berkah ini diharapkan dapat dirasakan masyarakat secara merata, sehingga masyarakat luas dapat mengenal kesenian maupun hasil keterampilan dari Desa Trahean tersebut, bahkan dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup yang lebih layak serta terwujudnya masyarakat harmonis.

Namun demikian, untuk mewujudkan perubahan menuju Kampung Berkah diperlukan kerja keras dan sinergi segenap komponen masyarakat, TNI /Polri maupun Pemerintah Daerah. Untuk itu Kodim 1013/Mtw Korem 102/Panju Panjung menyatakan Siap berkontribusi menuju perubahan itu.

Kepala Desa Trahean, Marno mengatakan, telah dilakukan  peninjauan diantaranya, serbuan vaksinasi, sarana pendidikan, perkebunan buah semangka, kebun buah pepaya, kebun mentimun, kebun lombok, kebun terong, pembibitan ikan Nila dan Koi, industri perumahan pembuatan tahu dan keripik, peternakan sapi, kambing dan bebek. Marno menjelaskan, dengan di canangkannya Trahean sebagai kampung Berkah, diharapkan nantinya Desa menjadi lebih mandiri dan berdaya saing.

Saat ini memang Desa Trahean banyak terdapat pertanian, dan juga peternakan. Bahkan wilayah ini juga pemasok buah buahan seperti, pepaya, melon, semangka dan lainnya untuk kota Muara Teweh.

Harapan kedepan lanjut Marno, Desa Trahean lebih mandiri untuk pembangunan dan kesejahteraan seluruh warga.

(Mardedi/ Syarbani)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments