Seruyan

Dewan Minta Pustu Di Pedesaan Perlu Ditambah

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta kepada Pemerintah daerah Seruyan agar menambah keberadaan Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) khususnya di wilayah pedesaan yang dinilai masih belum cukup memadai dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Anggota DPRD Seruyan Musfuatun menyampaikan bahwa dalam reses yang dilakukan terutana di wilayah dapil I, mendapati keberadaan Pustu dinilai masih sangat kurang, sehingga pihaknya berharap agar hal tersebut bisa disikapi oleh pemerintah daerah demi memberikan layanan kesehatan masyarakat setempat.

“Kita minta kepada pemerintah agar Pustu di pedesaan jumlahnya ditambah. Bahkan ini juga menjadi rekomendasi kami yang masuk dalam usulan prioritas pembangunan pada saat penyampaian hasil reses di daerah pemilihan (dapil) I,” katanya Senin 27/3/2023.

Masfuatun menambahkan, keberadaan Pustu di pedesaan memegang peranan yang sangat penting untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan layak. Terlebih masih banyak desa-desa yang infrastruktur daratnya masih belum memadai. Sehingga keberadaan Pustu tersebut nantinya akan sangat berguna sebagai tujuan tepat dalam penanganan kesehatan bagi masarakat yang mengalami masalah Kesehatan dan dijamin oleh pemerintah.

“Pembangunan Pustu ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap pelayanan kesehatan, terutama masyarakat pedesaan yang sarana tasportasinya sulit menjangkau kota, keberadaan Pustu tentu sangat diharapakan,” katanya.

Disamping pembangunan baru, dirinya juga meminta agar pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya bisa memperhatikan kondisi-kondisi Pustu yang sudah dibangun, baik dalam fasilitas dan pelayanannya harus di perbaiki agar bisa menjadi rujukan pertama bagi semua masarakat yang mengalami gangguan kesehatan.

 

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments