P. Raya

Dinas Koperasi dan UKM Produk Unggulan Lokal Kalteng Dan Peredaran uang Mencapai kurang Lebih 30 Milyar.

PALANGKA RAYA - Gladi Bersih Pelantikan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Kepala Dinas Koperasi dan UKM Norhani saat ditemui usai gladi bersih Di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur, Selasa 8 Oktober 2024.mengatakan, Dinas koperasi dan UKM selalu mengikuti even even UMKM untuk memperkenalkan produk buatan lokal unggulan.   

“Kita sudah  menggelar Gebyar UMKM dibeberapa wilayah yang  terbagi dalam tiga wilayah ,wilayah barat Kotawaringin Timur, Sampit sudah kita laksanakan, wilayah Tengah ada dikabupaten Kapuas, sudah kita laksanakan juga,dan yang akan kita laksanakan lagi ditanggal 11-13 Oktober di wilayah timur tepat di kabupaten Barito Utara,"jelasnya.

Lebih lanjut Norhani mengatakan, Gebyar UMKM ini kita menampilkan produk produk unggulan dari masing masing Kabupaten, kuliner khas Dayak Kalteng, kerajinan kerajinan unggulan masing masing Kabupaten.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah terus mendorong para pelaku usaha menghasilkan produk lokal yang berkualitas. Hal ini sebagai komitmen pemerintah menggelorakan "Bangga Buatan Lokal" produk asli buatan kreativitas masyarakat Kalimantan Tengah.

Dalam kegiatan UMKM juga digelar pertemuan para pelaku usaha UMKM per wilayah yang dihadiri oleh Gubernur dan ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo sugianto Sabran, yang memberikan semangat kepada UMKM UMKM yang ada di wilayah tersebut.

“Peredaran uang dari even even UMKM sangat  membanggakan. Kita juga sudah mendaftarkan di BBI dan BBWI,yang mana untuk Bangsa Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, dan peredaran uang selama kegiatan UMKM kita mencapai kurang lebih diatas 30 Milyar,” imbuhnya.

Dinas koperasi dan UKM juga mengikuti hari UMKM Nasional di Palembang dan mendapatkan juara terbaik 2 tingkat nasional UMKM.

Mengikuti UMKM di MTQ  Nasional dari Dinas Koperasi dan UKM dan mendapatkan juara 1 dari stand terbaik di seluruh Indonesia.

Di IKN juga kita mendapatkan yang terbaik dalam hal UMKM. Ia berharap, Produk unggulan lokal  Kalteng akan lebih baik lagi dan di kenal nasional maupun internasional. Karena produk lokal Kalteng tidak kalah bersaing dengan produk produk  dari daerah lainnya. “Harapan kami UMKM terus semangat,maju, meningkatkan kwalitas produk nya,"tutup Norhani.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments