Nasional

Dinas Lingkungan Hidup Sekadau Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

SEKADAU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Produksi sampah di kabupaten sekadau setiap harinya mencapai 10 truk sampah. Sebagian besar sampah tersebut merupakan sampah rumah tangga, di antaranya plastik bekas makanan dan minuman dan lain sebagainya.

Kondisi tersebut perlu menjadi perhatian banyak pihak. Sebab, pengelolaan sampah harus betul-betul dilakukan agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan maupun lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau, Apeng Petrus, mengatakan pihaknya telah menyiapkan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah, khususnya di wilayah dalam kota kabupaten sekadau. Masyarakat dapat membuang sampah di tempat pembuangan sementara.

Ia mengatakan, setiap harinya petugas mengangkut sampah dari tempat-tempat pembuangan sementara yang telah disiapkan dinas lingkungan hidup kabupaten sekadau. Setelahnya barulah sampah-sampah tersebut dibawa oleh petugas ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Masyarakat dapat membuang sampah ke tempat pembuangan sementara, yakni mulai pukul 17.00 wib hingga 06.00 wib. Peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk mendukung kebersihan lingkungan di kabupaten sekadau.

Menurut Apeng urusan kebersihan bukan semata-semata menjadi tugas Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau saja, melainkan juga perlu peran serta masyarakat. Ia mengatakan, jika tidak dikelola dengan baik maka keberadaan sampah akan berdampak luas bagi masyarakat.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, yakni dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan pada waktunya.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments