P. Raya

Dinas Lingkungan Hidup Sosialisasi Perhitungan Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah (SIPSN)

PALANGKA RAYA - Dinas Lingkungan Hidup dalam melakukan menjalankan Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) di tingkat Kabupaten/Kota se-Kalteng, DLH Provinsi Kalteng menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Perhitungan Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah (IKPS) dan Tata Cara Pengisian dan Pemuktahiran Data SIPSN Untuk Mendukung Pelaksanaan Program Adipura Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah Tahun 2024, bertempat di Ballroom Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Selasa pagi (28/5/2024).

Dalam sambutannya, Kepala DLH Provinsi  Kalteng Joni Harta menyampaikan bahwa diharapkan data persampahan yang diinput dalam aplikasi SIPSN akan menjadi platform data pengelolaan sampah daerah dengan konsep big data, sehingga dapat diakses oleh publik guna mengetahui kondisi pengelolaan sampah di daerah dengan cepat, akurat dan terkini untuk mendukung program Adipura.

Dijelaskan pula, data yang tercakup dalam SIPSN tersebut digunakan untuk memantau dan mengevaluasi capaian kinerja pengelolaan sampah di setiap daerah, khususnya Kabupaten/Kota di Kalteng yang akan dihitung menjadi Indeks Kinerja Pengelolaan Sampah (IKPS) daerah, sebagai tolok ukur keberhasilan pengelolaan sampah daerah"Jelasnya.

Kita juga patut berbangga dan mengapresiasi pencapaian Adipura di tahun 2023 ada tiga Kabupaten/Kota yang memperoleh Adipura, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kapuas. Diharapkan keberhasilan tersebut dapat menjadi inspirasi dan motivasi di tahun yang akan datang bagi Kabupaten yang lain agar dapat memperoleh penghargaan Adipura," tutur Joni Harta.

Dalam pelaksanaan rakor dan sosialisasi ini juga dihadiri narasumber dari Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK yaitu Adi Fajar Ramly yang menyampaikan materi terkait Perhitungan IKPS dan penginputan data SIPSN. Selain itu hadir pula tiga narasumber dari DLH Kota Palangka Raya Teguh Jaya Permana, DLH Kab. Kapuas Karolinae, dan DLH Kab. Kotim Nurliani yang menyampaikan materi Strategi Pengelolaan Sampah dalam memperoleh Adipura.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments