P. Raya

Laboratorium DLH Terpilih Menjadi Laboratorium terakreditasi Nasional

PALANGKA RAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng terpilih sebagai laboratorium prioritas nasional binaan KLHK. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng Joni Harta menyampaikan bahwa ini merupakan hal yang patut disyukuri, mengatakan di Kantor Dinas Lingkungan Hidul Provinsi Kalteng,di Jalan Williem AS No.08 Palangka Raya.

Ia juga mengatakan, karena memang telah dilakukan langkah-langkah untuk menjadikan Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Kalteng sebagai laboratorium yang terakreditasi. “Semoga dengan fasilitasi dan pelatihan KLHK maka hal itu akan lebih cepat terwujud,"jelasnya.

“Nantinya dengan diperolehnya status akreditasi akan menjadi jaminan bersama untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, baik, masyarakat pelaku usaha maupun instansi pemerintah. Kita berupaya agar keberadaan laboratorium lingkungan ini akan berkontribusi dalam penyediaan informasi kualitas lingkungan hidup sekaligus akan meningkatkan penerimaan PAD Provinsi Kalteng,"Tuturnya.

Berdasarkan Surat Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Kualitas Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSIKLH, KLHK) Nomor S.389/PSIKLH/PTIPLML/SET.1.1/B/04/2024, Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Kalteng terpilih menjadi laboratorium prioritas nasional yang akan menerima fasilitas dan pelatihan dari PSIKLH-KLHK.  Sasaran fasilitasi dan pelatihan tersebut adalah meningkatkan kompetensi laboratorium lingkungan menuju akreditasi.

Lebih lanjut Joni mengatakan, untuk diketahui pada tahun 2024 ini hanya 12 laboratorium lingkungan daerah yang terpilih sebagai laboratorium prioritas nasional binaan KLHK. 

Dua diantaranya ada di Kalimantan Tengah, yaitu laboratorium lingkungan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan laborium lingkungan milik Pemerintah Kabupaten Kapuas,” tutupnya. 

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments