P. Raya

Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng : Kolaborasi Tiga  Elemen Cegah Pernikahan Usia Anak

PALANGKA RAYA - Plt. Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Muhammad Reza Prabowo Sebagai Nara sumber Sosialisasi Pencegahan Perkawinan usia anak dan Kekerasan anak  mengatakan, Terkait kegiatan pencegahan perkawinan usia anak dan kekerasan anak, pihaknya sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilaksanakan P3APPKB di Aula Dinas pendidikan Provinsi Kalteng, Kamis (30/5/2024).

“Ini adalah wujud kolaborasi antara dinas P3APPKB Provinsi kalteng dinas pendidikan provinsi Kalteng dan Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, “ ujar Reza.

Dalam  rangka HUT Kalteng ke 67 tahun kita rangkai kegiatan sosialisasi pernikahan anak dan kekerasan anak, menangani, menekan,  mengatasi, mencegah Stunting, termasuk Stunting adalah pernikahan usia dini/usia anak untuk menekan angka pernikahan anak di Kalteng, karena sudah ada undang undang perlindungan anak yang harus kita perangi salah satunya untuk tidak terjadi pernikahan usia  anak.

Muhammad Reza Prabowo menambahkan, Tiga elemen berkolaborasi harapannya bisa mengajak seluruh anak peserta didik kita baik di jenjang SMP, SMA ,SMK dan SLB dibawah kewenangan provinsi Kalteng .Tadi juga kita mengajak yang di wilayah kota Palangka Raya untuk satuan pendidikan di tingkat SMP.

Anak didik SMP juga ternyata  rentan untuk tidak melanjutkan ke SMA salah satu yaitu alasannya tidak mampu, dan akhirnya menikah di usia anak. Dinas pendidikan provinsi Kalteng sendiri  sudah ada beasiswa  pena berkah dan bantuan lainnya untuk anak anak di Kalteng agar bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.


(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments