P. Raya

Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Program"Sekolah Ramah Anak "

PALANGKA RAYA - Plt. Muhammad Reza Prabowo saat kami ditemui dikantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng usai sebagai Nara sumber Sosialisasi Pencegahan Perkawinan usia Anak dan Kekerasan terhadap anak, Kamis (30/5/2024) mengatakan, Selain sosialisasi Pencegahan Perkawinan usia anak dan kekerasan terhadap anak penting juga tentang bully anak di sekolah. Banyak sekali kejadian bully yang dilakukan anak anak pada saat di sekolah.

“Kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah diantaranya dapat berupa perundungan dan siapa saja dapat berpotensi menjadi pelaku. Perundungan terkadang bahkan dianggap sesuatu yang biasa atau hanya bercanda namun tanpa disadari dapat menyebabkan dampak pada korban, tidak hanya secara psikologis tapi juga termasuk dampak dalam merasa tertekan, minder , tidak percaya diri dan akhirnya anak tersebut menjauhi teman temanya itu dampaknya sangat luar biasa untuk psikologis  anak,"jelas Reza.

Masih banyak masyarakat maupun peserta didik yang enggan untuk mengungkapkan apa yang mereka alami terkait perundungan/bully dikarenakan berbagai faktor dan alasan. 

“Peran para pihak sekolah akan sangat diperlukan dalam melakukan pendekatan kepada siswa, sehingga dapat memaksimalkan upaya mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak anak di lingkungan sekolah"Tuturnya.

Reza menambahkan, oleh karena itu, penting untuk saling bersinergi dalam pelaksanaan pemenuhan hak anak dalam rangka mencegah terjadinya perundungan di lingkungan sekolah serta penyalahgunaan obat-obat terlarang di lingkungan sekolah untuk meminimalisir dampak yang lebih berat dari tindak kekerasan/perundungan bully  terhadap korban maupun pelaku. Peran orang tua guru itu sangat penting.

Karena salah satunya adalah dinas pendidikan provinsi Kalteng telah menginisiasi melalui surat keputusan  gubernur Kalteng sudah membentuk tim satgas untuk sekolah ramah anak ,untuk mencegah kekerasan yang ada dilingkungan disekolah.

Anak anak kita edukasi bahwasanya tidak hanya belajar saja anak anak juga harus menjadi pelopor disekolahnya. Prestasi disekolahnya untuk semangat belajar di sekolah agar anak nyaman belajar betah belajar bagaimana membuat anak anak didik menjadi nyaman untuk belajar yaitu dengan sekolah "Ramah Anak."

 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments