Katingan

Dinas Perikanan dan Perhubungan Siap Kembangkan Bioflok

KATINGAN – Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan, siap mengembangkan sistem pembudidayaan ikan kolam darat atau Bioflok. Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Robby, mengatakan, pembudidayaan ikan air tawar melalui Bioflok, sangat mudah dilakukan dibandingkan sistem Karamba yang kondisi air sulit di prediksi.

“Pembudidayaan air dengan cara seperti ini, tentu lebih mudah dilakukan dan kondisi ikan, mudah di pantau perkembangannya,” Ungkap Kadis Perikanan dan Perhubungan Robby, saat mengikuti Musrenbang kecamatan di Pendahara Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Selasa (14/02/2023).

Lanjut Robby, Perhubungan dan Perikanan, siap memberikan pelatihan kepada masyarakat dengan membentuk kelompok tani. “Kami siap memberikan pelatihan, bagaimana memelihara ikan dengan sistem Bioflok. Namun pelatihan yang kami buat, hanya untuk kelompok-kelompok tani, makanya silakan membentuk kelompok tani,” Katanya.

Bahkan, dikaitkan dengan pencegahan stunting, menurut Robby, pemeliharaan ikan lewat Bioflok, dapat menghasilkan ikan dengan gizi yang cukup baik. “Salah satu cara mengantisipasi timbulnya Stunting, tentu dengan mengonsumsi makanan termasuk ikan yang bergizi,” Tuturnya.

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments