Barut

Dinas Transkop UMKM Bina Warga Melalui Pelatihan

MUARA TEWEH -  Meningkatkan jumlag pengangguran yang sebagian besar adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang rendah. 

Olel sebab itu diperlukan perhatian yang serius dari Pemerintah untuk dapat melenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktifitas dan kesejahtraan tenaga kerja beserta keluarga. 

Hal ini juga diamanatkan oleh undang undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM, Barito Utara, H. Mastur, SE saat membuka pelatihan, Selasa(24/5/5/2022 mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan merupakan program dari Kementerian Ketenagakerjaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Bekasi di Laksanakan di Barut. 

Menurutnya, pada tahun anggaran 2022 ini dilaksanakan di Muara Teweh yang mana tujuannya agar masyarakat memiliki keterampilan dan skill dibidang menjahit pakaian dengan mesin dan pelatihan computet operator asistant untuk menjadi  tenaga kerja siap pakai dibiangnya. 

"Untuk itu kami berharap kerjasama ini dapat terus terjalin sehingga memberi manfaat untuk masyarakat,"kata Mastur. 

Kepala Balai Latihan Kerja Barito Utara, Akurnadi mengatakan, maksud dan tujuan pelatihan untuk. Membekali peserta yang memiliki kompetensi dibidang menjahit pakaian dengan mesin dan pelatihan computer. 

Akurnadi menambahkan,  pelatihan menjahit dan computer pelaksanaannya selama dua puluh delapan hari. Pelatihan terdiri dari masing masing enam belas peserta.

"Pada bulan Juni nanti kita juga akan mengadakan pelatihan perbengkelan dan perkoperasian, di Kecamatan Teweh Timur, "pungkasnya. 


(Syarbaini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments