Kapuas

Dinkes Kapuas Dirikan Posko Kesehatan Dilokasi Banjir

KAPUAS - Guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir. Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mendirikan posko kesehatan dan melakukan penyisiran untuk mengecek langsung kondisi kesehatan warga. Beginilah yang dilakukan tim Tenaga Kesehatan Kabupaten Kapuas dalam menangani kesehatan warga yang terdampak bencana banjir di enam kecamatan di daerah setempat.

Dengan menggunakan perahu sampan, Tim Tenaga Kesehatan menyisir desa-desa yang terdampak banjir dan menyambangi satu-persatu rumah warga untuk memberikan pelayanan kesehatan.  

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Dokter Tonun Irawaty Panjaitan saat ditemui pada Selasa 23 Januari 2024, mengatakan banjir yang terjadi di enam kecamatan di Kabupaten Kapuas tidak hanya merendam rumah-rumah warga, tetapi juga merendam sebelas fasilitas kesehatan. 

Meskipun fasilitas kesehatan terendam, namun para tenaga kesehatan tetap melaksanakan tugas dengan menyisir desa-desa yang terdampak banjir untuk memberikan pelayanan kesehatan jika ada warga yang mengalami sakit akibat bencana banjir ini.

Selain itu Dinas Kesehatan juga mendirikan posko kesehatan di setiap lokasi banjir dengan dilengkapi tenaga kesehatan,obat-obatan dan alat kesehatan.  Dokter Tonun pun mengimbau warga, apabila ada yang mengalami sakit agar dipersilahkan untuk mendatangi posko kesehatan yang telah disiapkan pihaknya.

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments