Business

Dinsos Kalteng Mantapkan SDM Penyuluh Sosial Lapangan

Foto: Ist

PEMANTAPAN SDM - Sekretaris Dinsos Kalteng Budi Santoso memberikan materi dalam kegiatan pemantapan SDM penyuluh sosial lapangan, Jumat (16/10/2020)

 

PALANGKA RAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Kalteng menggelar kegiatan pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyuluh Sosial Lapangan. Kegiatan yang dipusatkan di Kota Palangka Raya itu diikuti 60 peserta dari perwakilan kabupaten dan kota di Kalteng.

 

Kegiatan ini digelar untuk memantapkan SDM mereka, sehingga akan lebih mudah dalam menyampaikan ke masyarakat terkait pelayanan sosial.

Sekretaris Dinsos Kalteng Budi Santoso mengatakan, peserta kegiatan berasal dari koordinator pekerja sosial masyarakat (PSM), pendamping PKH (program keluarga harapan), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan koordinator taruna siaga bencana (Tagana).

 

“Jadi masing-masing kabupaten mengirimkan koordinatornya,” kata Budi Santoso, Jumat (16/10/2020)

 

Budi menjelaskan, peserta kegiatan diberikan pencerahan atau wawasan mengenai layanan sosial yang dapat diakses oleh masyarakat. Baik itu dalam bentuk bantuan sosial fakir miskin, lansia dan lain-lain.

 

“Siapa tahu di daerah pelosok ada yang belum mengetahui programnya, maka kita harapkan melalui mereka (para penyuluh sosial) bisa menyampaikan ke masyarakat,” bebernya.

 

Ada beberapa layanana sosial yang disediakan Dinsos Kalteng. Di antaranya terkait layanan sosial panti jompo, panti sosial Tresna Wherda, panti sosial bina remaja, panti sosial karya wanita dan trauma center.

 

Jika ada masyarakat yang baru mengetahui dan ingin memanfaatkan layanan tersebut, Budi menyarankan untuk berkoordinasi dengan dinas sosial di daerah masing-masing. “Nanti akan dikasih rujukan ke provinsi,” tutur Budi.

 

Sebelumnya, tambah Budi, kegiatan ini dibuka oleh Plt Kepala Dinsos Kalteng, dr Rian Tangkudung pada Kamis, 15 Oktober 2020. Peserta saat itu juga mendapat pengarahan dari Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya melalui Asisten II Nurul Edy.

 

(EDY/JJ)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments