P. Raya

Dislutkan - BKSDA Kalteng Akan Berkolaborasi Untuk  Terobosan Pembangunan Inkubator

Palangka Raya – Bertempat di ruang kerjanya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Prov. Kalteng H Darliansjah didampingi Kepala Bidang Kelautan dan Pesisir (Kabid KP) Zur Rawdoh menerima kunjungan Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng Dendi Sutiadi dan Polisi Kehutanan BKSDA Kalteng Imam Mukharom, Kamis 28 Juli 2022. 

Hal tersebut disambut baik oleh Kadislutkan Prov. Kalteng Darliansjah. Ia menyampaikan bahwa perlu adanya pemberdayaan masyarakat melalui revitalisasi Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) yang ada atau membentuk KOMPAK baru dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, karang taruna, dan masyarakat yang memiliki komitmen serta kepedulian pada lingkungan khususnya kegiatan konservasi. Selain itu, sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, maka perlu dilakukan diversifikasi usaha di sekitar wilayah konservasi sehingga dapat menarik minat masyarakat dalam menjaga kelestarian wilayah konservasi ini.

“Salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan bersama-sama yaitu dengan melakukan sosialisasi secara terus-menerus tentang pentingnya lingkungan pesisir laut termasuk biota yang ada di  dalamnya seperti penyu dan biota lain yang dilindungi seperti mangrove dan pandan laut,” tambahnya.

Dalam rangka menjaga kelestarian penyu, Darliansjah menyebutkan bahwa pihaknya mendukung adanya terobosan pembangunan inkubator. Inkubator ini merupakan salah satu cara menjaga kelestarian penyu dan membantu kelangsungan hidup anak penyu.

“Untuk itu perlu segera disepakati dalam Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan BKSDA sehingga kolaborasi ini dapat lebih diperkuat terutama di sektor kelautan dan perikanan,” tutup Darliansjah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments