P. Raya

Dislutkan Prov. Kalteng Lakukan Audiensi dengan Bappenas, Sinkronisasi Tematik dan Lokasi Prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2024

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran sangat berkomitmen dalam mengembangkan potensi perikanan sebagai salah satu program unggulan dalam meningkatkan perekonomian Kalteng. Sejalan dengan komitmen Gubernur Kalteng tersebut, Kepala Dislutkan Prov. Kalteng Darliansjah melakukan audiensi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menyinkronkan dan mensinergiskan program dan kegiatan strategis Bidang Kelautan dan Perikanan guna percepatan pembangunan kelautan dan perikanan di Kalteng.

Audiensi dilakukan di Ruang Rapat Lantai 8 Gedung Bappenas Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan. Audiensi berlangsung secara hybrid dan dibuka oleh Koordinator Kalimantan Arief Wiroyudo. Audiensi ini dilakukan antara Dislutkan Prov. Kalteng didampingi Bappedalitbang Prov. Kalteng dengan Bappenas RI dan KKP. Adapun yang menjadi topik pembahasan adalah mengenai lokasi prioritas kawasan sentra produksi perikanan di Kalteng meliputi lokasi prioritas DAK bidang kelautan dan perikanan, lokasi prioritas pengembangan kawasan sentra perikanan budidaya tambak udang vaname (shrimp estate), lokasi prioritas pembangunan Pelabuhan Perikanan Kumai, lokasi prioritas pengembangan kampung budidaya, serta lokasi prioritas pengembangan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Prov. Kalteng.

Arief Wiroyudo mengatakan, bahwa berdasarkan kaidah-kaidah perubahan kebijakan DAK dalam UU No. 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sehingga penyaluran anggaran DAK bersifat tematik dan berupa DAK Penugasan sehingga pemilihan lokasi prioritas menjadi lebih selektif dan tuntas.

“Harus lebih dipertimbangkan kembali untuk pengusulan DAK kelautan dan perikanan tahun 2024 agar dipilih kabupaten yang sesuai dengan tematik daerah yang diusulkan melalui Bappedalitbang berkoordinasi dengan kementerian terkait,” jelasnya, Sabtu 25 Februari 2023.

Turut hadir Sekretaris Dislutkan Prov. Kalteng Nita Fera, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Arief Rakhman Fauzi, beserta Perencana Ahli Muda Belyada Kris Anggen dan Dimas Singgih Sampurno Arnowo. Hadir pula, dari Bappedalitbang Prov. Kalteng Novarina dan Febri.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments