Barsel

DLH Fokus kembangkan sistem pengelolaan sampah  terpadu

Buntok – Pengembangan tempat pengelolaan sampah yang terpadu (TPST). Saat ini fokus menjadi perhatian utama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid pengelolaan sampah B3 dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup. Nanang Salahuddin pada Jumat, (14/01/2022).

Pada saat ditemui awak media Ia mengatakan, "Tahun ini bisa dipastikan kami  akan melakukan pengembangan sistem tempat pengelolaan sampah yang terpadu. Hal ini dilakukan karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan" ucapnya.

Saat ini proses penanggulangan sampah di Kota Buntok dari hilir pihaknya sudah memiliki tempat pengelolaan sampah yang modern. Sedangkan dari hulu, sampah masih dikelola oleh TPS3R yang merupakan bagian dari swadaya masyarakat di setiap RT dan RW dari masing-masing kelurahan yang mengelolanya langsung.

Katanya, “ Yang menjadi  kendala utama  saat ini dalam menanggulangi permasalahan sampah yakni TPS yang bisa terbilang minim jumlahnya. Ditambah lagi adanya beberapa TPS yang ditutup karena sudah melebihi dari kapasitas yang seharusnya, semoga kedapannya kami bisa  melakukan penambahan beberapa TPS, dengan berupa Tempat pengelolaan sampah yang terpadu," tutupnya,

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments