P. Pisau

DLH Pulpis luncurkan Bank Sadar Alam sebagai momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PULANG PISAU - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir, pada Senin 06/06/2023, Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, meluncurkan Bank Sampah Sadar Alam.

Acara ini bertujuan untuk sosialisasi penggunaan PABA (Pemanfaatan Bahan Bakar Alternatif) dari PLTU Pulang Pisau serta penyerahan Surat Keputusan (SK) Binaan Bank Sampah kepada Direktur Bank Sampah Sadar Alam, Ibu Ramining.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pulang Pisau, Hendri Arroyo, menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk mengurangi volume sampah rumah tangga yang masuk ke Tempat Penampungan Sampah (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Bank Sampah akan menjemput sampah nonorganik seperti plastik dan besi dari rumah warga untuk selanjutnya dipilah dan ditimbang.

Kegiatan ini akan dilakukan dalam dua tahap, di mana tahap awal akan fokus pada sampah nonorganik seperti plastik dan besi. Tahap berikutnya akan melibatkan kecamatan untuk menyebarkan informasi mengenai manfaat Bank Sampah kepada masyarakat.

Selain meluncurkan Bank Sampah, DLH Pulang Pisau juga melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, termasuk penanaman pohon mangrove, pemasangan imbauan terkait karhutla (kebakaran hutan dan lahan), perlindungan gambut, dan pengelolaan sampah.

Ia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung kegiatan ini, termasuk PT PLN Nusantara Tower dan Pertamina. Direktur PT PIN Nusantara Tower Pulang Pisau, Fuad Arifin, menyatakan kesiapan perusahaan untuk mendukung program pengelolaan Bank Sampah melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Direktur Bank Sampah Sadar Alam, Ramining, menjelaskan bahwa masyarakat akan diikutsertakan dalam program ini. Setelah memilah sampah di rumah, Bank Sampah akan menjadwalkan penimbangan dan membeli sampah sesuai harga pasaran. Proses pembayaran akan disesuaikan dengan keinginan masyarakat, baik langsung dibayarkan atau ditabung di rekening Bank Sampah.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments