Business

DPD HIMTANI KalTeng Resmi Dikukuhkan

PALANGKA RAYA – Pengurus DPD (Dewan Pengurus Daerah) HIMTANI (Himpunan Masyarakat Tani dan Nelayan) Kalimantan Tengah periode 2021-2026 telah resmi dikukuhkan, yang mana diselenggarakan di Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu 1 Januari 2022.

Selanjutnya DPD HIMTANI Kalteng akan menyusun program dan melakukan konsolidasi internal. Hal ini dikatakan oleh ketua DPD HIMTANI Kalteng, Drs. H. Nurul Edy, M.Si.

“Kita akan menyusun program ke depannya, tentu juga sesuai bidang masing-masing, selanjutnya juga akan melakukan konsolidasi untuk melebarkan sayap organisasi ini ke Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Tengah,” katanya.

Dikatakan bahwa dalam 6 bulan ke depan, akan diusahakan agar seluruh DPC (Dewan Pengurus Cabang) HIMTANI di Kabupaten/Kota sudah bisa terbentuk.

Kehadiran HIMTANI diharapkan juga dapat membantu dalam usaha meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan di Kalimantan Tengah.

“Secara operasional nanti kita akan melakukan kerja sama dengan pemerintah, sementara di lapangan nanti bagaimana kita bisa memaksimalkan kehadiran PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) agar bisa membantu para petani di lapangan,” terang Nurul Edy.

Sementara menyikapi tantangan alam di Kalimantan Tengah, HIMTANI akan terus melakukan kordinasi dengan pemerintah dalam memberikan terobosan dan solusi terhadap kondisi yang ada.

“Secara teknis kana ada institusinya, secara rutin kita ada tantangan kebakaran hutan dan banjir, kita akan terus bersama-sama untuk terus mengatasi ini,” ujarnya

“Ada juga persoalan tata kelola air, ini akan terus dikomunikasikan dengan dinas terkait, termasuk di program food estate, perlu sinergi semua SOPD yang ada,” sambung Nurul Edy.

Disampaikan bahwa pengurus HIMTANI Kalteng ini berjumlah kurang lebih 70 orang yang terdiri dari berbagai macam background (latar belakang).

“Di dewan pengawas misalnya ada orang-orang yang merupakan mantan kepala daerah, dan juga dari background yang lain, saya juga minta dari teman-teman yang sudah sesuai dengan teknis pekerjaannya,”

Sementara itu, sebelumnya Ketua DPP HIMTANI Indrayeni, SH memberikan sambutan melalui virtual setelah mengukuhkan para pengurus DPD HIMTANI Kalteng.

“Selamat atas terbentuknya DPP HIMTANI Kalimantan Tengah, semoga dapat berperan serta dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petani dan nelayan yang ada di Kalteng,” ujarnya.

Indrayeni juga menyinggung soal lapangan pekerjaa di sektor pertanian dan nelayan. Dikatakan dalam 10 tahun terakhir, terjadi penurunan generasi petani dan nelayan. Ini dikarenakan penghasilan untuk mereka yang kecil.

“Sehingga saya meminta DPD HIMTANI Kalteng untuk membantu menaikkan taraf hidup dan kesejahteraan para petani dan nelayan,” pungkasnya.

 

(Deddi)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments