P. Pisau

DPMD Pulpis Dorong Pembentukan Posyantekdes di Setiap Desa

PULANG PISAU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terus mendorong perkembangan Pemerintah Desa (Pemdes) salah satunya dengan pembentukan Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) diseluruh Desa diwilayah Bumi Handep Hapakat.

Kepala DPMD Pulpis Hj Deni Widanarni mengatakan dengan didukung penuh oleh Kejaksaan Negeri Pulpis pihaknya baru - baru ini telah melakukan sosialisasi Perundang -undangan dan pembentukan Posyantekdes  Di Kecamatan Sebangau Kuala, Pulpis.

"Posyantekdes merupakan lembaga kemasyarakatan di tingkat desa yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi dan promosi serta orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG)," ucap Hj Deni.

Ia menjelaskan tujuan Pembentukan Lembaga Posyantekdes ini untuk mendorong minat masyarakat dalam mengembangkan potensi yang ada di desa setempat, melalui inovasi sebuah karya berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menurut pihaknya Posyantekdes dapat menjawab permasalahan masyarakat agar tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan.

"Kita berharap dengan dibentuknya Posyantek di tiap desa, tentu saja ada penemuan/hasil karya/inovasi masyarakat yang berhasil guna untuk diikutkan pada Lomba/Gelar TTG tersebut," katanya.

Untuk di Kecamatan Sebangau Kuala, lanjutnya, telah terbentuk dua (2) Posyantekdes. Salah satunya Desa Mekar Jaya.

"Kita berharap desa lain segera menyusul, karena untuk pengembangan produk atau sebuah inovasi desa dalam setiap tahunnya,” pungkasnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments