Business

DPMD Pulpis Himbau Camat dan Kades Lakukan Pembinaan Posko PPKM

PULANG PISAU - Dalam Rangka menyikapi Pandemi covid 19 yang terus bertambah di kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) serta menindak lanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Instruksi Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Insrtuksi Bupati Pulang Pisau No 138 Tahun 2021, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menghimbau kepada Para Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk melakukan pengawasan, pembinaan terhadap Posko PPKM Desa dan Kelurahannya masing – masing.

Himbauan tersebut disampaikan Kepala DPMD Pulpis Hj Deni Widanarni saat dibincangi rekan media, Jumat (30/07/2021).

"Kita menghimbau kepada para camat dan kades untuk melakukan pengawasan, pembinaan terhadap Posko PPKM Desa dan Kelurahannya masing – masing," ucapnya.

Menurutnya ada 4 poin yang penting dilakukan pemerintahan kecamatan dan desa dimasa PPKM Darurat ini. Pertama  agar terus meningkatkan dalam menjalankan pencegahan, penanganannya dan memperketat Posko PPKM masing – masing serta tidak henti – hentinya selalu mensoasialisasikan dan memberikan pemahaman, kesadaran kepada warganya akan pentingnya Protokol Kesehatan.

"Prokes Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Memgurangi Mobilitas harus gencar kita sosialisasikan," katanya.

Pemdes, lanjutnya, diminta terus berkoordinasi dengan pihak Posko PPKM Desa/Keluharan, Puskesmas, Babinkantibmas, Babinsa, Toga, Toma dan pihak terkait lainnya dalam pencegahan dan penanganan Covid -19.

"Bila ada masyarakat yang ada gejala atau terkonfirmasi segera difasilitasi penangannya dengan pihak terkait dalam Hal ini Puskesmas setempat dan apa langkah selanjutnya," ungkapnya.

Pemdes juga diminta untuk selalu memperhatikan Zona PPKM nya dan melaporkan kepada Camat dan Satgas Covid -19 Kabupaten.

“Salam Sehat Semoga Pandemi ini cepat berlalu”, pungkasnya.

Terpisah Camat Kahayan Hilir Osa Maliki, bersama unsur Muspika telah melakukan pengecekan aktivitas Pos PPKM Mikro di kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir

“Dengan adanya perpanjangan PPKM, kami melakukan pengecekan PPKM Mikro. Pengecekan ini untuk memastikan bahwa ada yang jaga di masing-masing pos PPKM,” kata Osa.

Osa mengharapkan PPKM yang ada di desa dan kelurahan bukan sekadar pembentukan saja. Tetapi bisa berjalan aktif dan ada yang berjaga.

“Sampai saat ini kita tidak tahu penyebaran yang terjadi. Meski sudah diblog, tetap saja ada kasus,” ucapnya.

Menurut Osa, Covid-19 varian Delta ini lebih ganas dari yang sebelumnya dan penyebarannya lebih cepat.

Hingga saat ini beberapa desa termasuk Desa Mentaren I termasuk tinggi dalam penambahan kasus Covid-19.

"Data dari Satgas Kabupaten penyebaran Covid 19 terus meningkat termasuk di Kecamatan Kahayan Hilir. Oleh karena itu kita ingin melihat pos PPKM yang ada tetap aktif menjaga wilayahnya," ungkap Osa.

Untuk pencegahan ia mengimbau masyarakat untuk patuh terhadap prokes 5 M yakni yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi di wilayah zona merah.

"Kita juga menghimbau khususnya masyarakat kecamatan kahayan hilir tetap waspada dan menjalankan Protokol kesehatan dengan baik," tutupnya.

(Antang)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments