Katingan

DPRD Katingan Mendorong Pencapaian Target Pendapatan Asli Daerah 2023

KATINGAN -  Selasa, 29/08/2023, dalam sesi wawancara dengan para awak media. Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, mengungkapkan harapannya bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Katingan tahun 2023 akan mencapai setidaknya 80 persen dari target sebesar Rp112 miliar.

Ia menggarisbawahi bahwa PAD Kabupaten Katingan sejauh ini belum pernah mencapai 80 persen, apalagi 100 persen dari target yang ditetapkan. "Oleh karena itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat harus memiliki keyakinan penuh dalam mengejar target PAD setidaknya 80 persen untuk tahun 2023," katanya penuh rasa optimis.

Dia menegaskan bahwa kekurangan keyakinan dapat memengaruhi kinerja, dan Bapenda harus terus menggali sumber-sumber PAD melalui berbagai pajak daerah dan retribusi yang dapat diterapkan di wilayah Kabupaten Katingan.

Mengomentari informasi bahwa PAD yang tercatat di Bapenda setempat hingga akhir Juli 2023 mencapai sekitar 64 persen dari target tahunan, dia menyebutnya sebagai pencapaian yang positif. Namun, dia berharap agar pada akhir tahun 2023, angka tersebut bisa mencapai setidaknya 80 persen.

Ia juga mengemukakan adanya upaya mengatasi kendala dalam penagihan pajak dan retribusi di wilayah-wilayah Kecamatan yang belum terjangkau oleh jaringan internet. Dia mengusulkan untuk menggunakan sistem manual dengan menugaskan staf kecamatan yang tugasnya adalah melakukan penagihan di wilayah-wilayah tersebut.

Namun, dia menekankan bahwa penerapan penagihan pajak dengan sistem manual hanya akan diterapkan di wilayah-wilayah yang tidak memiliki akses ke jaringan internet. "Hal ini akan memerlukan jumlah staf yang terbatas karena hanya wilayah tertentu yang terkena dampak," tutupnya lugas.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments