Seruyan

DPRD Minta Pilkades Segera Dilaksanakan Di Tahun 2023

SERUYAN - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Dearah  (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta agar Pemilahan Kepala Desa (Pilkades) harus segera dilaksanakan sebab hampir 50% kepala desa yang ada di wilayah Kabupaten Seruyan adalah Pejabat (PJ) Kepala Desa.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto menyampaikan alasan pihaknya meminta pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) segera dilaksanakan adalah dengan melihat agenda pemerintahan, seperti pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2024, sehingga kepadatan wacana tersebut jangan sampai tergabung juga dengan pilkades yang tentunya akan sangat padat.

“Kami berharap agar Pilkades bisa di laksanakan di tahun 2023 ini, kenapa? Sebab di tahun 2024 kita telah memiliki agenda Pemilu Dan Pilkada yang juga di laksanakan serentak. Tentunya jadwalnya makin padat apabila Pilkades di laksanakan 2024 juga,” Ujarnya Sabtu 18/2/2023.

Alasan lainya menurut Bejo, adalah hampir separo Kades yang ada di kabupaten Seruyan merupakan  Pj kepala desa, oleh karena itu pihaknya berharap agar pelaksanaan Pilkades harus di laksanakan.

Selain itu juga pihaknya juga akan mengupayakan revisi peraturan daerah terkait pilkades. Sebab menurutnya sampai saat ini pihak DPMDes, belum mengajukan Raperda pilkades, sehingga pihaknya berinisiatif untuk merevisi perda pilkades tersebut.

“ Terkait revisi Perda tentang tatacara pilkades juga telah kami lakukan konsultasi dengan pihak Provinsi, dan mereka juga menyarankan agar perda yang ada agar di revisi,” pungkasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments