P. Raya

Dua Kota di Kalimantan Tengah Pada Oktober 2022 alami deflasi 0,04 persen

PALANGKA RAYA - Kepala Badan pusat statistik (BPS) Provinsi kalimantan tengah Eko Marsoro menyebutkan, beberapa kelompok pengeluaran di beberapa kota di Kalimantan Tengah mengalami deflasi secara keseluruhan sebesar 0,04 persen.

Dalam rilis Indeks Harga Kunsumen atau ( IHK) yang di laksanakan di ruangan vicon BPS Provinsi Kalimantan tengah, pada selasa 1 November 2022, Kepala badan pusat statistik Eko Marsoro menyampaikan, berdasarkan pantauan BPS pada bulan Oktober 2022, deflasi yang terjadi di kalimantan tengah yakni kota Palangka Raya dan Sampit secara keseluruhan sebesar 0,04 persen. Kota Palangka Raya sendiri mengalami deflasi sebesar 0,07 persen dan Sampit mengalami deflasi sebesar 0,01 persen.

Hal itu terjadi terjadi karena adanya penurunan indeks kelompok transportasi sebesar 0,55 persen, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,24 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,08 persen, kemudian kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,07 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,03 persen.

Lebih lanjut eko mengatakan, pencapaian ini merupakan upaya bersama yang di lakukan oleh pemerintah daerah bersama stake holder terkait dalam menekankan inflasi paska terjadinya kenaikan BBM beberapa waktu yang lalu.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments