P. Pisau

Dua Lokasi Pasar Murah Kabupaten Pulang Pisau, Kecamatan Jabiren Dan Stadion HM. Sanusi

PULANG PISAU - Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dalam rangka Pelaksanaan Pasar Murah Kalteng Berbagi Berkah, dilaksanakan di halaman Kantor, Kecamatan Jabiren, Senin (18/3/2024).

Pasar murah diadakan di dua  lokasi , Kecamatan Jabiren  Kabupaten Pulang Pisau, dan di halaman Stadion HM. Sanusi , Kecamatan Kahayan hilir. Pasar Murah dibuka  Secara langsung oleh Wagub Provinsi Kalteng  Edy Pratowo.

Dalam sambutannya Edy  Pratowo mengatakan, Pasar murah ini untuk masyarakat yang kurang mampu, dengan menebus  harga 20 ribu. Nampak masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah tersebut. 

Pasar Murah ini menyalurkan beras murah sebanyak 10 kg kepada masyarakat setempat. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi  Kalteng melepas 1.420 ton beras subsidi untuk dibagikan kepada masyarakat melalui kegiatan Pasar Murah di 14 Kabupaten/Kota. Di Kabupaten Pulang Pisau ini, beras subsidi yang tersedia sebanyak 100 ton atau 10000 paket. 

Saat membuka Pasar Murah di Kecamatan Jabiren Raya, Wagub mengatakan Pasar Murah ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi harga pangan dan juga untuk mengatasi inflasi daerah, apalagi saat ini memasuki bulan suci Ramadan.

Lebih lanjut Wagub menyampaikan, Pulang Pisau merupakan Lumbung Padi Kalteng. Tahun ini akan dibangun Rice To Rice (RTR) yaitu mesin untuk penggilingan padi/pengolahan padi, yang pabrik padinya berada di Pangkoh. Tahun ini juga ada program 21 ribu hektar untuk optimasi lahan rawa.

Wagub menjelaskan, adanya pasar murah di  Kabupaten Pulang Pisau di awal Ramadan ini adalah untuk memantau harga kebutuhan bahan pokok apakah ada kenaikan atau tidak, serta membantu masyarakat yang ingin mendapatkan beras murah. 

Di Pasar Murah Kecamatan Jabiren Raya ini ada 1500 paket beras murah senilai 175 ribu rupiah, namun Pemerintah Provinsi Kalteng memberikan subsidi sebesar 155 ribu rupiah, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga 20 ribu rupiah.

Wagub menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau juga memberikan subsidi beras sebesar 20 ribu rupiah untuk wilayah Jabiren Raya yang terkena banjir. "Ada dua Desa yang terkena banjir yaitu Tumbang Nusa dan Tanjung Taruna," sebutnya.

Salah satu warga Kecamatan Jabiren Raya, Yuyu saat dibincangi Huma Betang mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran yang telah mengadakan Pasar Murah ini. 

“Dengan harga terjangkau 20 ribu rupiah, itu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Semoga ke depan kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan. Sementara, di Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir, Wagub menyampaikan Pasar Murah ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas harga.  InsyaAllah menjelang lebaran nanti akan ada kegiatan operasi pasar, menunya ditambah dengan gula, minyak goreng, kue kering, dan lain-lain," ungkapnya. 

Pada Pasar Murah di Stadion H.M Sanusi ini tersedia 2500 paket beras murah. Sama seperti lokasi sebelumnya, beras 10 kg seharga 175 ribu rupiah tersebut mendapatkan subsidi dari Pemerintah Provinsi  Kalteng sebesar 155 ribu rupiah, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga 20 ribu rupiah. Sebagai informasi, penyaluran beras subsidi hari ini merupakan penyaluran pertama yaitu sebanyak 50 ton atau 5000 paket. 

Kegiatan di hadiri, Wagub Provinsi Kalteng, Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani dan jajaran, unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalteng Sri Suwanto, Kepala Dinas TPHP Sunarti, Kepala Dinas P3APPKB dr. Linae Victoria Aden, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments