Barsel

Dukung Kearifan Budaya Lokal: Anggota DPRD Barsel Ajak Masyarakat dan Pelaku Pariwisata untuk Berperan Aktif

BUNTOK – H. Sudiarto, seorang anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), mengajak seluruh masyarakat dan pelaku usaha di sektor pariwisata untuk bersatu dalam upaya menjaga dan melestarikan kearifan budaya lokal di wilayah mereka. Baginya, menjaga budaya lokal adalah sebuah kewajiban yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup yang berlandaskan nilai-nilai budaya dan kearifan setempat.

Jumat 22/09/2023 dihadapan awak media, ia mengatakan, "Kita tidak boleh sampai generasi mendatang kehilangan jejak budaya, tradisi, dan kearifan lokal yang telah menjadi bagian dari Barsel selama ini. Peran aktif pelaku usaha pariwisata juga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kesadaran dan kepedulian pengunjung terhadap kearifan budaya setempat," ungkapnya lugas.

Sudiarto juga menekankan bahwa melestarikan budaya dan tradisi lokal dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk promosi dan sosialisasi yang berkaitan dengan kearifan lokal dan budaya daerah. Menurutnya, hal ini akan membantu mempertahankan warisan budaya khas Kalimantan Tengah, terutama di Kabupaten Barsel.

"Saat ini, kita hidup di era teknologi canggih, namun kita tidak boleh mengesampingkan warisan budaya dan kearifan lokal kita. Potensi ini harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh semua pihak," tegasnya.

Selain itu ia juga mendorong agar semua pihak memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan platform media sosial lainnya, untuk mengenalkan kekayaan budaya lokal kepada dunia. Ini diharapkan akan mendukung perkembangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di masa depan.

Terakhir ia mengatakan, "Dalam konteks ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Barsel untuk berperan aktif dalam menjaga dan mempromosikan kebudayaan serta seni tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini tanpa kehilangan identitas nilai budaya itu sendiri," tutupnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments