P. Raya

Duwel Rawing Cegah Pelecehan Seksual Di Perguruan Tinggi Di Kalteng

Palangka Raya - Dalam rangka untuk mencegah pelecehan seksual yang kerap terjadi terhadap para mahasiswi, perguruan tinggi diminta agar dapat membangun sistem perlindungan supaya kasus tersebut tidak terulang.

Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengaku prihatin sering terjadinya aksi pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum dosen terhadap mahasisiwinya di perguruan tinggi. Hal itu tentu sangat mencederai dunia pendidikan.

"Sistem perlindungan sangat penting dibangun, salah satunya perlindungan terhadap pelapor, sebab selama ini banyak yang takut melapor karena ancaman tidak mendapat nilai dan lain-lain," kata Duwel, Senin, 17 Oktober 2022.

Duwel mengatakan, perguruan tinggi harus memiliki tanggung jawab yang besar menjaga generasi muda khususnya mahasiswi agar tidak terjerumus kedalam hal-hal berbau negatif yang mengarah ke tindak pidana ataupun perdata.

Sudah menjadi kewajiban perguruan tinggi untuk menjaga keamanan dan kenyaman mahasiswa atau mahasiswi yang sedang menimba ilmu agar dapat fokus terhadap upaya meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dibidangnya masing-masing. Sehingga, diharapkan perguruan tinggi dapat membangun sistem yang baik.

Duwel juga meminta kepada para mahasiswi agar berani melapor ketika mengalami tindak pidana pelecehan seksual baik dari oknum dosen maupun mahasiswa, sebab apabila tidak dilaporkan hal itu akan dianggap sebagai perbuatan suka sama suka dan tentu tidak bisa diproses secara hukum

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments