P. Raya

Duwel Rawing Dorong Solusi Maksimalkan Pengelolaan SDA Karet dan Rotan

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong solusi dari pemerintah untuk memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam (SDA) karet dan rotan di Bumi Tambun Bungai ini.

Duwel mengatakan, tidak kunjung stabilnya harga karet dan rotan selama ini dikarenakan dari segi pengelolaan kurang maksimal, sebab tidak ada kepastian dalam hal memproduksi komoditi usaha tersebut.

"Dalam hal produksi masyarakat melakukan sendiri dan kadang juga bahan mentah di daerah sendiri yang dari segi harga kurang memadai. Ini yang harus bisa menjadi perhatian pemerintah," ucapnya.

Menurut Duwel, dalam upaya memaksimalkan pengelolaan SDA karet dan rotan ini perlu dipikirkan untuk membangun sebuah industri pengolah barang-barang dengan bahan baku karet dan rotan, terutama di Kalteng.

Disebutkannya bahwa, dengan adanya industri dalam daerah selain pengelolaan yang maksimal juga dapat membuat harga komoditi tersebut stabil, sebab masyarakat bisa langsung menjual hasil usahanya ke pabrik.

Dirinya berharap, pemerintah di provinsi ini bisa memikirkan hal itu kedepan dan juga dapat mengajak investor bekerja sama membangun industri di Kalteng yang khusus untuk mengolah komoditi karet dan rotan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments