P. Pisau

Evaluasi Program Pengendalian Tuberkulosis (TB) di Pulang Pisau Tahun 2024

PULANG PISAU – Bertempat di Aula Mini Dinas Kesehatan, Pada hari Senin (30/09/2024), dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Pande Putu Gina. Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau mengadakan kegiatan Evaluasi Program Pengendalian Tuberkulosis (TB) untuk tahun 2024. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Jamil Muslim, serta pengelola program TB dari 12 puskesmas di Kabupaten Pulang Pisau. 05/09/2024

Menurut dr. Pande, tujuan utama pertemuan ini adalah untuk memvalidasi laporan data dari setiap puskesmas dan menganalisis kinerja pengendalian program TB di wilayah tersebut. Melalui evaluasi ini, diharapkan pencatatan dan pelaporan program TB dari masing-masing puskesmas dapat terkoordinasi dengan baik.

Lebih lanjut, dr. Pande menjelaskan bahwa evaluasi ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala teknis yang dihadapi dalam pelaksanaan program TB. Dengan mengetahui penyebab hambatan tersebut, Dinas Kesehatan dapat merumuskan langkah-langkah strategis agar program TB di Kabupaten Pulang Pisau dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Selain itu, kegiatan evaluasi ini juga merupakan bagian dari upaya nasional dalam mengendalikan penyakit TB, yang menjadi salah satu program prioritas kesehatan, selain penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), serta penurunan stunting dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM).

Diharapkan dengan adanya koordinasi yang lebih baik di tingkat puskesmas, program TB di Kabupaten Pulang Pisau akan semakin efektif dan tepat sasaran, sehingga indikator capaian program TB dapat terpenuhi sesuai target nasional.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments