P. Pisau

Inovasi Desa sebagai Kunci Kemajuan di Pulang Pisau

PULANG PISAU – Adanya inovasi merupakan salah satu dasar penting agar desa dapat maju dan berkembang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Herman Wibowo.  Menurutnya, semakin banyak inovasi yang dihasilkan, semakin besar potensi desa untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Inovasi ini bisa diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi-potensi desa.

Herman menjelaskan bahwa penerapan inovasi secara langsung berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Dinas terkait terus mendorong desa-desa di Kabupaten Pulang Pisau untuk menjadi desa mandiri melalui berbagai program inovatif yang sesuai dengan potensi masing-masing desa. Hal ini juga didukung oleh insentif yang diberikan oleh Kementerian Keuangan untuk memacu desa agar terus berinovasi.

Ia juga menekankan pentingnya komitmen dari seluruh pemerintah desa dalam memajukan wilayah mereka. Salah satu bentuk dorongan tersebut adalah kaji banding yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pulang Pisau ke tiga desa sukses di Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Dari kajian tersebut, diharapkan setiap desa dapat mengambil inspirasi dalam mengelola usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta menghidupkan kembali Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Keberadaan BUMDes, menurut Herman, berpotensi menjadi penggerak ekonomi desa jika dikelola dengan baik. Setiap desa perlu menggali potensi yang ada dan merencanakan inovasi yang lebih beragam agar dapat berkembang lebih pesat. Ia optimis, dengan komitmen dan inovasi yang kuat, desa-desa di Kabupaten Pulang Pisau bisa lebih mandiri dan masyarakatnya merasakan manfaatnya.

Tentunya harapan terbesarnya adalah agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa terus meningkat seiring dengan inovasi yang diterapkan di masing-masing desa.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments