P. Pisau

Pengembangan Sektor Pertanian di Pulang Pisau untuk Meningkatkan Ekonomi dan Ketahanan Pangan

PULANG PISAU - Adanya pernyataan bahwa sektor pertanian yang terus dikembangkan oleh pemerintah sangat membantu masyarakat, terutama para petani, dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Hal tersebut diungkapkan oleh Penjabat Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Nunu Andriani, Dimana menurutnya, sektor pertanian tidak terbatas pada padi saja, tetapi hortikultura juga dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada.

Nunu menambahkan bahwa Kabupaten Pulang Pisau memiliki potensi besar di bidang pertanian, dan yang diperlukan hanyalah keinginan serta kemauan kuat dari masyarakat untuk mengembangkan potensi tersebut. Pemerintah telah berupaya memfasilitasi masyarakat melalui berbagai program yang mendukung sektor pertanian.

Saat menghadiri panen jagung di Desa Sebangau Mulya, Kecamatan Sebangau Kuala, belum lama ini, Nunu mengungkapkan bahwa sektor pertanian di wilayah tersebut memiliki ruang yang luas untuk dikembangkan, tidak hanya terbatas pada komoditas padi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memperkuat ketahanan pangan daerah.

Ia juga menilai bahwa panen jagung perdana di Desa Sebangau Mulya menghasilkan kualitas yang cukup baik. Potensi pertanian di Kecamatan Sebangau Kuala, menurutnya, tidak hanya terbatas pada jagung, tetapi tanaman hortikultura lainnya juga memiliki peluang untuk tumbuh subur di wilayah tersebut.

Terakhir ia mengungkapkan selain mendukung pengembangan pertanian, pemerintah setempat terus meningkatkan akses infrastruktur, terutama jalan menuju Kecamatan Sebangau Kuala dan antar desa. Infrastruktur yang memadai sangat diperlukan untuk memperlancar kegiatan pertanian, termasuk distribusi hasil panen ke berbagai daerah. Karena dengan bagusnya insfratuktur jalan yang memadai akan menunjang penuh lajunya roda pendistribusian tersebut.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments