P. Raya

Faridawaty Darland Atjeh : Tumbuhkan Sikap Toleransi Sejak Dini Pada Anak

PALANGKA RAYA – Sikap toleransi antar sesama manusia harus ditanamkan pada anak sejak dini. Hal ini dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sehingga terhindar dari perpecahan mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya, hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh, Kamis 23 Juni 2022. 

Dia menilai anak usia dini perlu diberikan pembelajaran perihal kebersamaan, keberagaman dan toleransi, guna menjadi pribadi yang baik serta terhindar dari Radikalisme saat beranjak dewasa. 

“Orang tua memiliki peranan yang amat penting untuk mengajarkan pentingnya bertoleransi, karena orang tua merupakan individu terdekat baik secara emosional dan fisik dengan anak,” ujar Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini. 

Faridawaty menambahkan pentingnya mengajarkan toleransi pada anak semenjak usia dini agar kedepan mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sekaligus memilah antara hal yang baik dan tidak. Norma-norma mengenai toleransi sendiri disebutkan Faridawaty tertuang dalam Pancasila dan butir-butirnya. 

"Menumbuhkan sikap toleransi sangatlah diperlukan oleh masyarakat, Karena hakikatnya Indonesia adalah negara yang tidak hanya memiliki banyak sekali keberagaman agama, budaya, suku, bahasa dan ras. Selain itu kunci utama dari kesemuanya adalah pengamalan dari Pancasila, karena di dalamnya terdapat norma-norma toleransi,” jelas Faridawaty. 

Tidak hanya itu Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu. Masyarakat diharapkan mampu memaknai semboyan Bhineka Tunggal Ika, dimana Indonesia sebagai negara berdaulat memiliki banyak sekali keberagaman suku, agama dan budaya, sehingga masyarakat Indonesia kerap disebut masyarakat majemuk

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments