Nasional

Festival Babukung Masuk Dalam Agenda KEN

JAKARTA - Menteri patiwisata dan ekonomi kreatif Sandiago Uno telah meluncurkan Program. Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 di Jakarta. Program tersebut merupakan upaya pemerintah guna membangkitkan kegiatan pariwisata di daerah. Dari 319 usulan yang masuk ke Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, terdapat dua (event) pariwisata di Kalimantan Tengah yang masuk KEN Tahun 2022 yakni Festival Babukung yang di laksanakan di kabupaten Lamandau dan festival Isen. Mulang Propinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di kota Palangka Raya.

Festival Babukung di Lamandau merupakan seni Budaya kebanggaan masyarakat kabupaten Lamandau yakni dengan menyuguhkan pertunjukkan tari topeng yang identik dengan upacara adat kematian masyarakat Dayak Tomun. Tarian ini menggunakan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut luha,  sedangkan para penari disebut bukung-bukung, datang dari desa tetangga atau kelompok masyarakat dengan tujuan menghibur keluarga duka sembari menyerahkan bantuan dan dari tradisi tersebut pemerintah daerah Lamandau menangkat tradisi ini menjadi festival rutin yang di selenggarakan tiap tahun di kabupaten Lamandau. Tahun ini merupakan tahun ke-8 penyelenggaraan festival Babukung di kabupaten  Lamandau.

Event ini akan di gelar di lokasi pasar Induk dengan mengusung tema Bangkit dan Pulih Bersama. Ada beberapa rangkaian kegiatan Pada festival Babukung ini, yakni Babukung urban maret, karnawal Abipura Bukung, ritual adat opening dan closing ceremony pagelaran tari Babukung, kreasi warna bukung , lomang In Diversity, the spirits Babukung,  Bujang Dara perform, Babukung in frame (Lomba Foto Video), Workshop serta pentas seni etnik. 

 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments